Haflah Irsal Thalabah (Pelapasan Santri) menjadi agenda baru di MBS menjelang keberangkatannya mengikuti program Dauroh Intensif Ilmu Syari’ah dan Bahasa Arab. Dalam edisi perdana tahun ini, negara tujuan program Dauroh Internasional (Overseas) MBS adalah Saudi Arabia (Madinah-Mekkah).

Dalam Haflah Irsal Thalabah, seluruh peserta Overseas yang merupakan santri kelas X dan XI SMA resmi diberangkatkan via bandara Soekarno Hatta, Ahad (25/2).

Sebanyak 19 peserta siap mengikuti program Dauroh Al Quran dan Bahasa Arab di Tanah Haram selama 1 bulan. Selain dari MBS Yogyakarta, peserta juga berasal dari pesantren Muhammadiyah baik di Jawa maupun Sumatera.

Luruskan niat dan motivasi, bulatkan tekad serta semangat kalian sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai. Apalagi di tanah yang insyaAllah penuh berkah ini, jadi manfaatkan waktu dengan baik dan maksimal.” Pesan mudir MBS, ustadz Fajar Shadik, saat memberikan sambutan.

Ustaz Fajar menambahkan, program Dauroh Internasional (overseas) merupakan salah satu program baru yang ada di MBS. Di mana melalui program ini harapannya anak-anak semakin dekat dan kenal dengan Rabbnya, semakin tinggi iman dan ketakwaannya.

Selama mengikuti Dauroh, santri MBS akan belajar terutama Al Quran dan Bahasa Arab mulai dari menambah hafalan, memperbagus bacaan, hingga program itqon bersanad.

Sementara itu, ustaz Muh.Taufik, Lc selaku pendamping kegiatan ini juga berpesan kepada santri agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin selama berada di Arab Saudi.

“Ini pertama kali Dauroh di Saudi Arabia. Antum mendapatkan peluang belajar seperti ini, maka optimalkan setiap waktu detik di sana semaksimal mungkin untuk melakukan amal kebaikan sebanyak mungkin,” terang ustaz Taufik.

Lebih gembiranya lagi, selama mengikuti Dauroh di Saudi, santri MBS dapat menunaikan ibadah umrah di Mekkah. Tidak hanya itu, seluruh peserta juga bakal merasakan pengalaman Ramadhan di negeri para nabi.

Pihak pondok berharap program perdana overseas atau dauroh internasional di Saudi Arabia ini dapat memberi banyak manfaat bagi para santri. Selain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang Islam, program ini juga dapat membentuk karakter dan kepribadian mereka menjadi pribadi yang lebih baik. Mabruk alfa mabruk!(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *