Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta membuat terobosan dengan penyelenggaraan program unggulannya yakni Dauroh Intensif Ilmu Syari’ah dan bahasa Arab yang diadakan di Kerajaan Arab saudi.

Kegiatan ini adalah salah satu program unggulan Pondok Pesantren MBS, di mana para santri berkesempatan belajar di Timur Tengah, khususnya Mekkah dan Madinah, selama satu bulan. Kami merasa sangat bahagia karena meskipun ini adalah kegiatan perdana di Pondok, antusias para santri sangat besar. Alhamdulillah, para santri wabilkhusus Tholib ikut serta dalam Dauroh ini. Kami berdoa semoga kegiatan ini berjalan lancar dan penuh berkah, kata mudir MBS, ustadz Fajar Shadik.

Dauroh Internasional Overseas Program Pondok Pesantren MBS edisi perdana kali ini menawarkan pengalaman istimewa bagi santri dengan fokus pada pemahaman bahasa, budaya, dan keislaman di Tanah Haram. Para peserta berkesempatan mempelajari Bahasa Ammiyah, mendalami geografi dan budaya Arab Saudi, Qiroat, serta mendapatkan motivasi dan tips dalam menghafal Al-Quran.

Program Overseas bertujuan sebagai pengembangan wawasan Internasional bagi peserta didik, yang diharapkan dapat memiliki perspektif global tentang bahasa, budaya, hingga keilmuan.

Ini dia poin-poin penting yang dipelajari dalam Dauroh Saudi Overseas Program Ponpes MBS

  1. Mengenal Bahasa Ammiyah: Santri akan diajak untuk memahami dan mempraktikkan Bahasa Ammiyah, bahasa sehari-hari masyarakat Mekkah dan Madinah, guna meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.
  2. Geografi dan Budaya : Peserta akan mendalami pengetahuan tentang geografi dan budaya Kerajaan Saudi, sehingga mereka dapat lebih memahami dan menghargai keberagaman dunia.
  3. Pengenalan Qiroat: Para santri akan dibimbing dalam memahami serta melafalkan ayat-ayat Al-Quran dengan benar sesuai dengan Qiroat.
  4. Motivasi dan Tips Menghafal Al-Quran: Materi ini akan memberikan dorongan semangat kepada santri dalam menghafal Al-Quran, serta memberikan tips dan trik efektif dalam proses menghafal.

Melalui Dauroh Saudi Overseas Program, Pondok Pesantren MBS berkomitmen untuk memberikan pengalaman pendidikan yang holistik kepada para santri, tidak hanya dalam hal agama tetapi juga dalam pengembangan pribadi mereka. Semoga program ini menjadi langkah awal menuju kesejahteraan dan keberkahan bagi seluruh peserta.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *