Pada hari Rabu-Kamis (15-16/11/2023), ratusan santri mengikuti tes bakat minat. Tes ini diselenggarakan oleh Pusat Assesment Pendidikan. Ketua panitia Assesment Bakat Minat Ustazah uswatun Khasanah mengatakan, “Se-Indonesia ditunjuk tiga daerah, salah satunya Yogyakarta, dan kita termasuk yang ditunjuk untuk mengikuti tes Assesment ini.”

Tes sudah dimulai sejak hari Rabu kemaren di Laboratorium PPM MBS Yogya. Tes ini dilakukan untuk mengetahi arah bakat dan minat seseorang di bidang pendidikan dan pekerjaan. Tes ini dikembangkan untuk siswa jenjang SMP, SMA dan SMK.

Santri kelas IX mengikuti Assesment Minat Bakat (Kamis, 16/11/2023)

Manfaat dari tes ini adalah untuk memberikan gambaran atau informasi mengenai minat dan potensi untuk siswa SMP, SMA dan SMk yang dapat menjadi acuan penentuan jurusan pendidikan. Aspek yang diukur adalah aspek kecerdasan verbal, numerik, logika, serta pengetahuan umum. Tes juga mengukur konsep dasar mekanika, spasial, kecepatan dan ingatan.

Disinggung mengenai kendala pelaksanaan Tes, “Alhamdulillah tes berjalan lancar”, tutur Ketua Assesment Bakat minat. Tes diselenggarakan kurang lebih 3 jam. Tes dimulai sejak pukul 08.30 sampai jam 11.00 Wib.