Tim Admisi PPM MBS Yogyakarta berkomitmen untuk mengenalkan dan mensosialisasikan MBS ke seluruh Nusantara. Kegiatan ini rutin setiap tahun dijalankan PPM MBS hampir 15 tahun lebih. Menurut ketua Admisi Ustaz Wahyu Hidayat, S.Pd, Si, “setiap tahun murid berganti, guru bahkan bisa juga berganti di setiap sekolah di Nusantara, bahkan kepala sekolahnya mungkin sudah ada yang ganti. Kalau tidak kita mengenalkan MBS tentu mereka akan kurang mengenal. Untuk itulah kita memerlukan pengenalan dan sosialisasi.”

Dalam pengenalan dan sosialisasi ke seluruh penjuru Nusantara, konsep yang diusung oleh Tim Admisi adalah mereka dari luar Jawa bisa langsung Tes On The Spot. Dengan Tes On The Spot, maka dari segi waktu dan juga segala sesuatunya bisa lebih praktis. Disinggung syarat apa saja yang diperlukan untuk Tes On The Spot, Ustaz Wahyu menyampaikan, “ Syaratnya sangat mudah yaitu hanya mengisi formulir online. Setelah itu mengikuti tes tulis dan wawancara. Setelah dinyatakan diterima, baru nanti santri melengkapi syarat administrasi yang belum dipenuhi.”

Bulan Oktober sampai Januari, rencananya Tim Admisi akan menjelajahi Nusantara untuk melakukan sosialisasi PSB. “Oktober ada tiga rute. Rencana kita akan ke Kalimantan Utara, Batam dan Sumatera. Sumatera sendiri kita akan ke Jambi, Bengkulu dan Palembang.”

Ketua Admisi menambahkan, “untuk bulan November, kita akan ke Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Sedangkan di bulan Desember kita akan ke Bali dan NTB. Sementara di bulan Januari kita akan ke Kalimantan Timur dan Papua”.

Ketika disinggung mengenai apa yang akan disiapkan untuk jelajah Nusantara, Ustaz Wahyu menyampaikan bahwa selain perlengkapan untuk PSB, kita difasilitasi tiket dan akomodasi untuk PSB.

Ustaz Wahyu menargetkan 30% dari total pendaftar akan terserap masuk ke MBS. “tahun dulu belum begitu banyak, sekarang kita coba rapikan data dan berupaya lebih banyak pendaftar dari tahun kemarin.”

Dalam kegiatan Jelajah Nusantara ini, TIM PSB juga akan menggandeng para-alumni yang tersebar di seluruh Nusantara yang telah banyak berkiprah di daerah masing-masing. “Mengapa kita menggandeng alumni? Pertama, alumni kita fungsikan sebagai customer service kita. Kedua, alumni adalah aset berharga bagi pesantren. Ketiga, karena alumni adalah bagian dari keluarga besar MBS. Keempat, untuk meyakinkan para calon pendaftar tentang prospek lulusan.”

Kepada calon pendaftar dari seluruh Nusantara, kami tunggu anda semua untuk menjadi bagian dari keluarga besar PPM MBS Yogyakarta. Untuk informasi pendaftaran PPM MBS Yogyakarta, para calon pendaftar bisa klik https://psb.mbs.sch.id/. Sementara itu, bila ingin mengetahui lebih jauh tentang MBS, bisa cek di media sosial kami di website: mbs.sch.id, Fb : MBS Yogyakarta, atau ig : mbsyogyakarta. [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *