Sebanyak 600 santri MBS mengikuti lomba International Kangaroo Mathematics Competition (IKMC) 2023. Dilaksanakan pada hari Selasa, 4 April 2023 pukul 09.20-10.50 di ruang kelas masing-masing dengan didampingi guru mata pelajaran.

IKMC merupakan kompetisi bertaraf internasional dan merupakan salah satu kompetisi terbesar dan tertua di dunia. Kompetisi ini dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangaroo Sans Frontier dan diikuti lebih dari 90 negara. IKMC dilaksanakan oleh KPM (Klinik Pendidikan MIPA) yang pelaksanaannya sekali dan tidak ada babak berikutnya.

Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah sebagai wadah untuk mengukur kecerdasan Matematika pada anak tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. “Soal-soal yang akan diambil dalam kompetisi ini merupakan soal dari buku teks standar dan soal terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Topik yang diambil pun berasal dari berbagai macam dengan ide-ide kreatif, inspiratif dan imajinatif,” menurut Manager Lomba KPM (Klinik Pendidikan MIPA), Ardianto.

Ardianto menjelaskan materi yang disajikan pun berasal dari berbagai macam dengan ide-ide kreatif, inspiratif, dan imajinatif.” Lomba ini terbagi dalam enam kelas yaitu, Pre-Ecolier kelas I-II, Ecolier kelas III-IV, Benjamin kelas V-VI, Cadet kelas VII-VIII, Junior kelas IX-X, dan Student kelas XI-XII,”urainya.

Walaupun kompetisi ini bertaraf internasional, kegiatan ini tetap dilaksanakan di masing-masing negara. Adapun pelaksanaan di Indonesia adalah sebagian online dan sementara yang lainnya offline.

Kordinator lomba MBS, ustadz Eko Sugiarto, S. Pd menjelaskan, MBS mengikutkan sebanyak 600 santri yang terdiri dari 80 santri kelas VII, 100 santri kelas VIII, 120 santri kelas IX, 125 santri kelas X, 95 santri kelas XI dan 80 santri kelas XII. Semua santri mengerjakan secara offline di kelas.

Ustadz Eko memohon doa restu untuk kesuksesan para santri yang sedang mengikuti lomba IKMC. Dia berdo’a semoga anak-anak yang mengikuti lomba memperoleh hasil yang terbaik dan mampu bersaing dengan siswa global lainnya.

Beliau juga berharap, semakin banyak santri MBS yang menjadi peserta lomba sejenis lainnya yang bertaraf internasional.

Kepala SMP MBS, ustadz Fauzan Yakhsya, S. Hum menyampaikan selamat kepada para santri atas partisipasinya dalam lomba level internasional. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada para asatidz pembina lomba yang telah bekerja keras membimbing para santri.

Menurut beliau, tidak hanya santri yang terus mengembangkan potensinya, MBS juga terus berusaha mengembangkan kemampuan ustadz dan ustadzah sesuai dengan bidangnya. Tidak sedikit juga para asatidz MBS yang sudah berprestasi dalam lomba, jelasnya.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *