MBSTV sebagai lembaga penyiaran resmi Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta turut berpartisipasi memberikan informasi seputar Muktamar dengan melakukan siaran selama pelaksanaan muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48.

Pelaksanaan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang dipusatkan di kota Surakarta menjadi ajang pembuktian bagi tim jurnalis MBSTV yang digawangi ustadz Noly Setyadi dkk.

Sebanyak delapan jurnalis yakni Muhammad Tajuddin Kusuma (12 MIPA 3), Alfian Fakhrurazi (12 MIPA 1), Sabili Ainul Kafur (12 MIPA 2), Rahmat Kurniawan (10 MIPA 1), Mahfudza Ruwaida (11 MIPA 4), Aura Salwa Widianto (11 IPS 3), Adibba Zikrina Qonita (12 MIPA 5) dan Muharromah Attahira (10 IPS 3) melakukan inovasi liputan. Mereka bertugas melakukan On The Spot (OTS) di empat titik yang berbeda.

Mereka bergantian melakukan liputan dengan pembagian tugas reportase di lapangan maupun di studio.

Menurut ustadz Noly, liputan on the spot ini dilakukan mulai tanggal 18-20 November 2022 dengan mengerahkan reporter dari para santri. “Kita telah memberikan liputan yang berbeda. Liputan kita lakukan dengan bilingual menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris,” kata ustadz Noly.

Disampaikan ustadz Noly, dalam melakukan siaran, MBSTV  menggunakan platform penyiaran yang dimiliki saat ini. “Yaitu  streaming melalui media sosial YouTube MBSTV “terang ustadz Noly.

Dengan penuh percaya diri, para santri besutan ustadz Okta Dihartoni, S.S dan ustadz Kamal Ikhsan, Lc yang bertugas menjadi reporter melaporkan jalannya rangkaian kegiatan Muktamar.

Mahfudza mengungkapkan bahwa liputan on the spot ini merupakan yang perdana.  “Hari ini menjadi sejarah pribadiku. Kegiatan yang berlangsung di tempat terbuka dengan disaksikan banyak orang merupakan tantangan tersendiri,” ungkap santriwati kelas 11.

Menurut ustadz Kamal Ikhsan, Lc selaku pembimbing santri, mengatakan tim reportase melakukan persiapan selama satu pekan.

“Tim latihan sebanyak empat kali. Bisa dikatakan persiapan yang sangat mepet. Namun, ketika kegiatan berlangsung terbukti mental diuji,” tutur ustadz Kamal.

Ada 4 lokasi siaran  selama pelaksanaan muktamar, yaitu di Stadion Manahan Solo saat pembukaan, di GOR UMS dan Gedung Edutorium UMS sebagai tempat sidang Aisyiyah dan Muhammadiyah serta di De Tjolomadoe. “Selain melakukan liputan selama muktamar, MBSTV juga melakukan wawancara eksklusif dengan Direktur MBS, ketua timses Muktamar MBS dan beberapa alumni MBS yang menjadi perwakilan peserta Muktamar dari PCIM Mesir dan Sudan yang dilakukan di stand MBS,” ujar ustadz Kamal. (ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − fourteen =