Senin (22/4/2024), PPM MBS Yogya menggelar apel pagi dan halal bi halal bersama para asatidz dan santri. Kegiatan ini dilakukan serentak antara santriwan dan santriwati PPM MBS Yogya. Santri putera menggelar apel dan halal bi halal di halaman kompleks putera, sementara santriwati putri di halaman kompleks putri PPM MBS Yogya.

Acara apel dan halal bi halal ini digelar selepas santri kembali ke pondok pada tanggal 20 dan 21 April 2022. Para santri kembali ke pondok setelah liburan kurang lebih selama hampir satu bulan lamanya.

Kegiatan apel dan halal bi halal ini diikuti oleh ribuan santri dari SMP dan SMA MBS. Hadir bersama santri Direktur PPM MBS Yogya Ustaz Fajar Shadik dan juga Wadir I bidang pendidikan Ustaz Rahmat Susanto, S.Pd.

Kegiatan ini dibuka dengan tilawah, dilanjutkan dengan ikrar halal bi halal yang dibacakan perwakilan santri. Selepas itu, kegiatan diisi dengan amanat dari Wadir I bidang Pendidikan, Ustaz Rahmat Susanto, S.Pd.

Dalam amanatnya, Ustaz Rahmat berpesan kepada santri agar menjaga etos ramadan yang sudah kita tinggalkan. “Marilah di bulan syawal ini, sebagai kaum beriman kita tidak boleh meninggalkan spirit ramadan yang telah berlalu. Kita harus menjaga dan meningkatkan ibadah yang sudah kita lakukan ke dalam bulan syawal. Saat azan berkumandang misalnya, kita langsung bergegas menuju masjid untuk berjamaah.”

Wadir I Bidang Pendidikan juga mengingatkan, “antum semua datang dari rumah masing-masing untuk menuntut ilmu. Jaga dan rawat semangat itu, dan jangan lupa untuk terus mendekat kepada Allah agar diberi kemudahan dan keberkahan dalam menuntut ilmu.”

Selepas amanat dari Wadir I Bidang Pendidikan, santri dan asatidz pun saling bersalaman saling maaf-memaafkan [Arif Yudistira]