PPM MBS Yogya kembali menorehkan prestasi di bidang akademik. Santri MBS Yogya sebelumnya mengikuti lomba OSN di tingkat daerah pada tanggal 26-27 Maret 2024. OSN ini dilaksanakan di sekolah masing-masing, tepatnya di Laboratorium PPM MBS Yogya. Pelaksanaan OSN menggunakan pengawas silang dengan berbagai sekolah yang mengikuti OSN.

Ustaz Eko Sugiarto, S.Pd  selaku kesiswaan mengatakan, “MBS mengikuti 9 bidang lomba diantaranya; Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Informatika, Ekonomi, dan Geografi.”

Lomba OSN ini merupakan lomba yang cukup bergengsi di bidang akademik karena diselenggarakan oleh Puspresnas [Pusat Prestasi Nasional] Kemendikbudristek. Ustaz Eko mengatakan, “Ini merupakan ajang kompetisi yang bergengsi di bidang sains. Dimana seleksinya berjenjang dimulai dari seleksi tingkat sekolah hingga nasional maupun internasional.”

MBS Yogya sendiri meloloskan 9 anak, 5 orang tingkat SMA dan 4 orang di tingkat SMP, mereka masing-masing mewakili 7 bidang lomba.

Ustaz Eko menambahkan, “Jadwal di tingkat Provinsi akan diadakan Insha Allah tanggal 6-8 Mei 2024.” Lomba ini diikuti oleh peserta OSN dari seluruh Indonesia di tingkat SMP maupun SMA. Dirinya juga berharap peserta OSN dari MBS akan lolos dan mewakili DIY maju ke tingkat nasional.

Sementara itu, Dikdasmen PWM DIY turut bangga atas lolosnya MBS Yogya dalam OSN yang akan maju ke tingkat  Provinsi, ada empat sekolah di tingkat SMA yang lolos diantaranya MBS Yogya, SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Yogya, dan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin [Arif Yudistira]