Calon Mahasiswa Baru Universitas Al Azhar Kairo, Mesir yang merupakan alumni Angkatan sepuluh PPM MBS Sleman Yogyakarta tiba di Bandara Cairo Internasional Air Port, Mesir pada, Rabu (20/03/2024). Keberangkatan mahasiswa baru ini dimediatori oleh Lembaga Konsultan Pendidikan (LKP) Fustat Center sejak Selasa (19/03/2024) dan disambut hangat oleh Keluarga Besar Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Mesir.

Ketua Panitia Penyambutan Mahasiswa Baru, Ustadz Khoirul Huda yang sekaligus merupakan Wakil Direktur LKP Fustat Center mengatakan dalam sambutannya ucapan selamat datang dan rasa terima kasih kepada PCIM Mesir yang telah menjembatani penuntut ilmu yang ingin melanjutkan Pendidikan ke Timur Tengah. “Kami ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru LKP Fustat Center Calon Mahasiswa Baru Universitas Al Azhar di tanah Mesir tercinta, tanah yang diimpikan oleh banyak penuntut ilmu di Indonesia, Semoga tujuan dan niat baik kita tetap terjaga hingga akhir,” katanya. Ia mengucapkan terimakasih  kepada pihak PCIM Mesir yang telah senantiasa menjembatani  penuntut ilmu dari Indonesia hingga bisa sampai ke sini. “Juga kepada teman-teman tim penyambutan mahasiswa baru untuk segala bantuan,” ungkap Ustaz Khoirul Huda.

Sebelumnya PPM MBS Sleman Yogyakarta telah mengadakan Pelepasan dan Pemberangkatan Mahasiswa Baru Universitas Al Azhar pada Selasa (19/03) di Aula Ki Bagus Hadi Kusuma, Kompleks Kelas Putra MBS. Dilanjutkan dengan Penyambutan Kedatangan pada Kamis (21/03) di Mrakaz Dakwah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Mesir, Hayy Tasi, Nasr City. Agenda pelakuakan ini dilakukan setelah berbagai rentetan agenda edukasi tentang dunia perkuliahan Timur Tengah berupa sosialisasi ke santri yang minat untuk studi lanjut ke timur Tengah wabil khusus mesir, Bimbel Persiapan Tes ke Timur Tengah, mengawal kelulusan dan mendampingi pemberkasan Calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan lulus tes, hingga pemberangkatan dan pendampingan oleh LKP Fustat Center hingga sampai ke Mesir.

“LKP Fustat Center sejak 2016, ketua pertama yang dipimpin oleh Ustaz Fathu Rabbani, Lc., berkomitmen memfasilitasi calon mahasiswa baru alumni pontrenmu yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Mesir, mengingat banyaknya santriwan dan santriwati alumni pontrenmu yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus-kampus Timur Tengah, khususnya Al Azhar ” lanjut Ustadz Khairul Huda.

Ustadz Hidanul Achwan, Lc. Dipl. selaku Ketua PCIM Mesir menyatakan, rasa syukurnya terhadap masih kentalnya minat santriwan dan santriwati alumni pontrenmu untuk melanjutkan pendidikannya ke Timur Tengah “Alhamdulillah dengan 77 anak yang ikut dalam gerbong Mediator Fustat ini, membuktikan bahwa  minat santri-santri kita untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah masih tinggi,” ungkapnya Ustadz Hidan. Selain itu, Ustadz Hidan juga menegaskan bahwa setelah tiba dan melanjutkan pendidikan di Timur tengah terutama mesir harus menjaga himmah atau semangat dalam belajar. “Kawan-kawan semua jangan lupa untuk terus men cash baterai himmah yang antum punya, mungkim sekarang masih full tapi ke depan bisa jadi lowbat, maka salah satu cara nya sesame teman harus saling support, saling mengingatkan untuk terus belajar ” lanjutnya.

Berhubung kedatangan camaba tahun ini pada bulan Ramadhan, maka tak banyak kegiatan yang bisa dilakukan, namun seperti itu, LKP Fustat Center tetap punya program tersendiri dengan judul Daurah Ta’sis Ilmu, tujuan adanya program adalah mengisi waktu camaba yang baru akan mengikuti kegiatan belajar mengajar kelas persiapan Bahasa di Markaz Tathwir Li Ta’lim Thullab Al Wafidiin Wal Ajanib dan guna mendukung proses belajar di tempat tersebut, untuk kurikulum Daurah sudah disusun oleh Tim Keilmuan LKP Fustat Center dan dibimbing oleh dewan pengajar yang berkompeten, daurah ini rencana  akan berlangsung sisa bulan Ramadhan hingga lebaran nanti kurang lebih dua pekan. Dengan materi adab dan akhlak, sedangakan untuk tahun pertama LKP Fustat Center juga telah menyiapkan kurikulum yang dapat membantu camaba memahami pondasi keilmuan di Al Azhar atau pasca kelulusan dari kelas Bahasa dan memasuki dunia perkuliahan, untuk materi yang disiapakan yaitu; Nahwu, Sharaf, Qiraatun Nushus, Fiqh Syafi’I dan Mantik

Demikian Upaya LKP Fustat Center yang merupakan salah satu usaha milik PCIM Mesir yang membantu dan memfasilitasi kader-kader yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke Universitas Al Azhar Mesir dan Memenuhi harapan Muhammadiyah akan kebutuhan kader ulama Persyarikatan.(Re)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *