Hari Kamis (5/10/2023) Lembaga Studi Lanjut menggelar Try Out bersama Smart Educafe. Try Out dilaksanakan di Laboratorium PPM MBS Yogya. Mereka menggelar Try Out TPS (Tes Potensi Skolastik).

Ustazah Desti Putri Setianingrum selaku Koordinator Tes Peningkatan Mutu  (TPM) mengatakan, “Tes Potensi Skolastik ini terdiri dari dua sesi. TPS 1 dilaksanakan pada 25 September 2023, dan pada hari ini (5/10/2023) TPS 1 sesi 2. Pada saat TPS 1 kemarin kita mengalami kendala dari 5 laboratorium yang dipakai hanya satu lab yang lancar. Kita mengalami kendala di server, listrik dan koneksi.” Pada Try Out kali ini ada sekitar 320-an peserta, santriwan dan santriwati.

Pada Try Out TPS 1 ini, diadakan untuk pre-test. Tes ini digunakan untuk melihat  kemampuan siswa sebelum pelaksanaan bimbel. Rencana tahun ini ada kelas bimbel lagi yang didasarkan pada score TO TPS 1.

Ustaz Suryanto selaku ketua LSL mengatakan “kerjasama dengan Smart Educafe pada tahun ini meliputi tiga aspek; pertama konsultasi jurusan berbasis raport, konsultasi berbasis SNBT, dan konsultasi yang ingin seleksi masuk PTN”.

Ketua LSL juga menambahkan “ini ketiga kali MoU dengan Smart Educafe, harapannya ada peningkatan jumlah siswa yang lolos di jalur SNBP (raport) maupun SNBT (jalur tes masuk).

Program Smart Educafe ini selain Try Out untuk memetakan kemampuan siswa, bimbingan intensif ada juga seminat motivasi yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (7/10/2023). “Kita akan mengadakan Seminar Motivasi masuk PTN dan Trik Mengerjakan Soal UTBK menghadirkan Pak Asep dari Smart Educafe,” tutur Ust Suryanto.

Ketika disinggung tentang harapan kegiatan ini, Ust Suryanto mengatakan “semoga santri bisa mengetahui kemampuan mereka lebih awal dalam mengerjakan soal UTBK. Dan semoga para santri bisa sukses tes UTBK nantinya. [Arif Yudistira]