Komitmen Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (PPM MBS) Sleman Yogyakarta dalam mengembangkan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dibalut spirit membentuk kader persyarikatan yang berkualitas terus digalakkan. Untuk itu, dalam rangka melanjutkan regenerasi kepemimpinan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan PPM MBS Yogyakarta angkatan 2022/2023 pada hari Selasa, 26 September 2023 bertempat di hall kampus putra memberikan jawaban atas komitmen tersebut dengan mengadakan Pelantikan Dewan Kerabat Hizbul Wathan Jendral Syarbini.

Sebelumnya diadakan Musyawarah Dewan Kerabat, yang menghasilkan ditetapkannya ketua terpilih yaitu Rimata Rahmat Kurniawan yang merupakan santri kelas XI MIPA 1 meneruskan perjuangan Rimata Muhammad Rizqi Adhyaksa sebagai ketua periode sebelumnya.

Sebelum diadakan pelantikan tersebut, para pengurus lama sudah tuntas memberikan laporan pertanggungjawaban secara resmi dan tertulis kepada para pimpinan dan anggota Dewan Kerabat. Muhammad Rizqi Adhyaksa santriwan kelas XII MIPA 3 sebagai Ketua Dewan Kerabat HW periode 2022, telah banyak memberikan berbagai macam terobosan kegiatan untuk memajukan HW MBS Kerabat Jendral Sarbini, sehingga para pengurus dan anggota terlatih kemandiriannya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Kerabat periode 2022 Rimata Muhammad Rizqi Adhyaksa  menyampaikan harapannya,  “Dengan kepengurusan baru, semoga Hizbul Wathan menjadi lebih maju kepanduannya dan menumbuhkan kemandirian bagi semua anggota, dan bermanfaat untuk jangka panjang,” ungkap harapan Rimata Muhammad Rizqi Adhyaksa untuk pengurus baru.

Berbagai kegiatan HW yang telah diadakan secara rutin setiap hari kamis, serentak diikuti oleh semua santri dari jenjang SMP, Takhassus dan SMA. Ramanda Rahmad, S. Pd, Sekretaris Kwarda Kepanduan HW Daerah yang melantik pengurus baru HW periode 2023,  menyampaikan pesan agar ketua dan para pengurus baru saling bahu membahu dalam menjalankan tugas agar berjalan dengan lancar.

Kekompakan dan kebersamaan merupakan kunci keberhasilan organisasi. Berjalannya program HW yang berada di tangan para pengurus, akan berjalan dengan baik jika para pengurus bersatu padu dan saling melengkapi dalam menjalankan program-programnya,” pesan Ramanda Rahmad.

”Dan kami ucapan terimakasih kepada Dewan Kerabat HW periode 2022-2023, yang telah mencurahkan tenaganya untuk membina selama satu tahun ini, semoga setelah kalian kembali bisa mengembangkan HW di daerahnya masing-masing” tegas Ramanda Rahmad.

Setelah mendapat amanah, Rimata Rahmat Kurniawan meminta arahan dan nasihat kepada pengurus lama.

Sementara itu, para santri merasakan banyak manfaat setelah bergabung aktif dalam kegiatan kepanduan, selain itu santri juga mulai menumbuhkan dan membiasakan berbagai hal positif yang sebelumnya belum didapat dan baru dipahami setelah aktif di kegiatan kepanduan Hizbul Wathan.(ElMoedarries)