Dalam upaya menanamkan karakter dan akhlak mulia santri terhadap lingkungan, santri MBS yang tergabung dalam SATGAS Lingkungan melakukan Gerakan Pungut Sampah. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (25/08/2023), di sekitar lingkungan pondok pesantren.

Kepala Bagian Kesiswaan Putra, ustadz Sidik Nugroho, S. Pd mengungkapkan, kegiatan tersebut mengusung tema “Aku Sayang Bumi”. Tema tersebut mengandung pesan bahwa masalah sampah bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk dunia pendidikan.

“Masalah utama lingkungan di D.I Yogyakarta, terkhusus kabupaten Sleman adalah kebersihan lingkungan. Di mana-mana terdapat tumpukan sampah. Terlebih pasca di non-aktifkannya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan yang menjadi pusat pembuangan sampah warga DIY,”ungkap ustadz Sidik.

“Perilaku membuang sampah sembarangan tentunya menjadi perhatian bagi semua pihak, khususnya di dunia pendidikan,” lanjutnya. Ustadz Sidik mengungkapkan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk implementasi profil pelajar pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan  dan berakhlak mulia.

Ustadz Sidik menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih anak-anak agar sejak usia dini mereka terbiasa dan mampu berperilaku cinta akan lingkungan, sekaligus menjadi teladan bagi banyak orang.

“Anak-anak dilatih sejak dini untuk berperilaku sayang kepada bumi dengan membiasakan diri peduli sampah. Kegiatan peduli sampah ini adalah yang perdana, hanya di sekitar kompleks pondok saja. Ustadz Sidik menyampaikan, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menuju beberapa program lainnya.

Artinya, kegiatan yang fokus terhadap lingkungan ini akan dilakukan terus-menerus. Seperti kegiatan pemilahan sampah organik, mengolah menjadi kompos dan pengelolaan sampah non organik melalui Bank Sampah yang ada di MBS,” sebutnya.

“Tentunya penanaman karakter peduli lingkungan pada santri dapat terus terbina. Kalau di pesantren sudah bisa menerapkan, tentu di rumah juga lebih peduli,” tutup guru pengampu IPS yang juga alumni MBS.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *