Sejak 16 Juli 2023, PPM MBS Yogyakarta telah resmi membuka Penerimaan Santri Baru (PSB) Tahun Pelajaran 2024/2025. Pada tahun ini, PPM MBS Yogyakarta telah membentuk bidang admisi yang fokus mengurusi Penerimaan Santri Baru (PSB).

PSB MBS Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025 ini dibuka untuk seluruh pendaftar santri baru baik dari wilayah maupun nasional seluruh Indonesia.

Ketua Bidang Admisi, Ustaz Wahyu Hidayat, S.Pd.Si mengatakan tahun ini kita akan membuka pendaftaran siswa baru dengan target 2000 santri. Penerimaan siswa baru di  MBS kita usahakan dengan prosedur yang simpel, rapi dan tersistem.

Bidang Admisi ini lahir atas arahan Mudirul Ma’had MBS Ustaz Fajar Shodiq. Ustaz Fajar berharap adanya bidang Admisi ini bisa membuat sistem PSB menjadi lebih baik, lancar dan tertata. Ustaz Fajar juga berharap visi MBS sebagai Pondok Kader memang harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Kita ada program pondok khusus yang memang disiapkan untuk menjadi kader bangsa dan kader Muhammadiyah yang siap diterjunkan di masyarakat dan berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Sudah menjadi kebiasaan dari tahun ke tahun, PSB MBS Yogyakarta memang berbeda dengan sistem penerimaan siswa di tempat lain karena sistem yang digunakan adalah sistem pondok. Waktu PSB MBS juga dibatasi karena berkaitan dengan jadwal dan sistem yang sudah diatur sendiri.

Syarat Pendaftaran

Disinggung mengenai apa saja langkah yang harus disiapkan orangtua dan anak untuk mendaftar di MBS, Ustaz Wahyu Hidayat menjelaskan. Untuk pendaftaran santri baru, ada langkah-langkah yang harus ditempuh diantaranya;

  1. Mengakses situs layanan PSB : mbs.sch.id
  2. Mengisi form pendaftaran
  3. Membayar uang pendaftaran
  4. Mengisi form kesanggupan pembayaran registrasi dan infaq

Ustaz Wahyu juga menambahkan untuk kejelasan informasi PSB MBS Yogyakarta, bisa menghubungi call center admisi di nomor 08112632008 [Hotline PSB].

PPM MBS Yogyakarta saat ini diketahui telah memiliki santri sejumlah 2500 santri. MBS memiliki pondok khusus AR Fachrudin yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan kader di seluruh pelosok negeri dengan sistem perkaderan yang ketat dengan penguatan program bahasa dan konsentrasi studi di Timur Tengah. Ustaz Fajar Shodiq mengatakan bahwa “MBS memiliki pondok kader dengan sistem kurikulum dengan konsentrasi Timur Tengah.” Kita juga terus membangun mu’adalah dengan universitas-universitas dunia khususnya di Timur Tengah untuk menguatkan kerjasama dan rekomendasi kader kita agar bisa studi lanjut disana.”

MBS Yogyakarta kali ini membuka dua gelombang pendaftaran. Gelombang 1, dibuka pada tanggal 16 Juli s.d 2 November 2023. Ujian masuk di Gelombang 1 dilaksanakan Ahad 5 November 2023. Pengumuman pada 11 November 2023, sedangkan registrasi diadakan pada 12 s.d 18 November 2023.

Gelombang 2 pendaftaran dibuka pada tanggal 6 November 2023 s.d 1 Februari 2024. Ujian masuk akan dilaksanakan pada Ahad 4 Februari 2023. Pengumuman gelombang 2 pada 10 Februari 2024. Sedangkan registrasi pada gelombang 2 akan dilaksanakan pada 11 s.d 17 Februari 2024.

MBS Yogyakarta menggunakan sistem seleksi ujian masuk. Materi untuk SMP Reguler diantaranya; Baca al-qur’an, Matematika Dasar, Pengetahuan Agama dan Wawancara. Untuk materi tes SMA dan Takhassus diantaranya; Bahasa Arab (kecuali Takhassus), Bahasa Inggris,  Matematika Dasar, Pengetahuan Agama, baca Al-qur’an dan wawancara.(Arif)