Pada Sabtu 8 Juli 2023, Direktur PPM MBS Yogyakarta didapuk menjadi narasumber dalam Rakernas LP2 PP Muhammadiyah di kompleks PPM MBS Yogyakarta.

Dalam serangkaian acara rakernas tersebut, Direktur PPM MBS Yogyakarta menyampaikan materi “Best Practise Pengelolaan Pesantren”. Ustaz Fajar Shodiq menuturkan ada 3 aspek yang disampaikan dalam presentasinya tentang pengelolaan pesantren, ekonomi pondok pesantren dan program khusus pesantren.”

Dalam paparannya, Ustaz Fajar Shodiq juga menekankan tentang nilai-nilai yang ditanamkan di Pondok Pesantren seperti nilai-nilai keikhlasan, kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai kebersamaan dan kemandirian. Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya Pondok Pesantren memanajemen ekonomi pondok.

Ustaz Fajar Shodiq juga menerangkan keresahan pesantren di seluruh Indonesia berkaitan dengan SDM dan kaderisasi di Pondok Pesantren. Ia menyampaikan contoh pengelolaaan Program Khusus Pondok di MBS yang menjawab keresahan kaderisasi ini yang dikhususkan studi di Timur Tengah.

Dalam sesi tanya jawab, peserta Rakernas LP2 PP Muhammadiyah saling sharing dan tukar pendapat mengenai topik yang disampaikan. Ustaz Fajar Shodiq berharap bahwa apa yang sudah dimulai di MBS Yogyakarta bisa ditularkan ke semua Pondok Pesantren di Indonesia dan MBS Yogyakarta bisa semakin maju (Arif).