Pada hari Jumat, 7 Juli 2023,  pukul 14.20 para utusan lembaga pengembangan pesantren dari PWM Muhammadiyah Se-Indonesia mulai berdatangan dan berkumpul di Aula Ki Bagus Hadikusumo lantai 2 Kompleks PPM MBS Yogyakarta. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional LP2 PP Muhammadiyah.

Selang beberapa saat, acara pembukaan Rakernas LP2 PP Muhammadiyah pun dimulai. Acara dimulai dengan pembacaan kalam Ilahi dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya.

Dalam sambutannya Direktur PPM MBS Yogyakarta, Ustaz Fajar Shodiq menyampaikan terimakasih kepada LP2 PP Muhammadiyah yang sudah mempercayakan MBS Yogyakarta sebagai tuan rumah Rakernas. Beliau juga menyampaikan perkembangan MBS Yogyakarta yang kini begitu pesat. “Saat ini PPM MBS Yogyakarta memiliki tanah kurang lebih 16 Hektar. Dan yang ditempati saat ini sebanyak 11 Hektar. Dari sisi kualitas dan kuantitas, MBS telah memiliki santri 2500 saat ini ditambah SD kisaran 500 siswa.”

Ustaz Fajar Shodiq juga memaparkan bahwa MBS Yogyakarta memiliki program khusus atau pondok khusus yang di desain untuk mencetak kader ulama dan ulama kader. Pondok khusus tersebut sudah meluluskan 5 angkatan. Fokus program khusus ini memang diprogramkan untuk konsentrasi di Timur Tengah.

Dr. Masykuri selaku ketua LP2 PP Muhammmadiyah menyambut baik perkembangan MBS Yogyakarta. Ia juga menyampaikan terimakasih atas berkenannya MBS Yogyakarta sebagai sohibul bait (tuan rumah) Rakernas.

Rakernas LP2 PP Muhammadiyah ini rencana akan membahas 4 agenda besar. Pertama, mensosialisasikan program PP Muhammadiyah tentang rencana pengembangan pesantren 5 tahun ke depan. Kedua, mensosialisaikan program LP2 PP kepada LP2 PP yang ada di wilayah. Ketiga, sebagai ajang konsolidasi dan penguatan LP2 PP dengan wilayah Se-Indonesia. Terakhir, sebagai ajang curah pendapat dan gagasan untuk kemajuan pesantren Muhammadiyah.

Ketua Dewan Pakar LP2 PP Muhammadiyah, Dr. Muhammad Habib Chirzin juga menyambut baik adanya Rakernas LP2 PP Muhammadiyah ini. Ia menyampaikan tantangan pesantren di era digital ini makin kompleks dan membutuhkan integrasi yang saling terhubung dan menguatkan. Ia berpesan kepada peserta raker, “Manfaatkan raker ini sebaik-baiknya. Kita sehari untuk memikirkan 5 tahun ke depan.”

Acara Rakernas LP2 PP Muhammadiyah ini rencananya digelar tiga hari ( 7-9/7/2023). Rakernas LP 2 PP Muhammadiyah direncanakan akan ditutup oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.(arif)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *