Sebanyak 13 siswa SMA MBS Yogyakarta berhasil lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Hasil tersebut diperoleh dari laman resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau dengan mengunjungi laman SNBP masing-masing kampus, pada hari Selasa, 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.

SNBP sendiri adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapor dan prestasi akademik. Pada SNBP, calon mahasiswa dititikberatkan prestasi di raport dan di bidang akademik ataupun non akademik. Dan hanya siswa dinyatakan eligible yang berhak mendaftar SNBP 2023.

Kepala SMA MBS, ustadz Roiq, Lc merasa sangat bangga dengan capaian siswa ini. Keberhasilan ini adalah bukti kualitas layanan pendidikan di SMA MBS yang terus meningkat.

“Tahun 2022, terdapat 6 siswa diterima melalui jalur SNMPTN. Lalu tahun ini, 2023, total 13 siswa yang lolos jalur SNBP pada jurusan dan universitas yang sangat bergengsi. Ini jadi bukti kualitas pendidikan di SMA MBS yang begitu luar biasa,” ungkap ustadz Roiq.

Menurut ustadz Roiq, keberhasilan yang dicapai siswa kelas XII ini juga merupakan keberhasilan civitas secara keseluruhan, termasuk stakeholder dan khususnya dukungan penuh dari Tim Studi Lanjut yang dikordinir ustadz Agus Yuliyanto, M. Pd.

“Keberhasilan siswa pada SNBP ini adalah keberhasilan seluruh civitas dan ini salah satunya berkat alumni angkatan sebelumnya yang berhasil mendapatkan skor yang baik di UAN dan Ujian tulis SBMPTN tahun lalu, serta akreditasi sekolah yang baik. Sekali lagi selamat untuk semua. Saya optimis, jumlah siswa yang lolos di tahun-tahun berikutnya semakin bertambah,” ujar ustadz Roiq.

Selanjutnya, menurut ustadz Agus Yuliyanto, M. Pd, dalam waktu dekat siswa SMA MBS akan kembali disiapkan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT). Sesuai jadwal, pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 akan digelar pada 08 – 14 Mei 2023 (gelombang I) dan 22 Mei – 28 Mei 2023 (gelombang 2).

Pada UTBK-SBMPTN 2022 lalu, SMA MBS mencatat prestasi luar biasa. Dari total 230 siswa SMA MBS yang mendaftar di SBMPTN 2022, sebanyak 98 siswa berhasil menembus 21 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia (dari 85 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia).(ElMoedarries)

 

Berikut daftar nama siswa SMA MBS yang lolos melalui jalur SNBP 2023:

  1. Zalfa Kalila_Ekonomi Pembangunan_UPN Veteran Yogyakarta
  2. Fadhila Izzawa D_Teknik Instrumentasi Rekayasa_UGM
  3. Kholifah Nur Azizah_Pendidikan Matematika_UNY
  4. Kalila Didha Azizah_Teknik Geologi _UPN Veteran Yogyakarta
  5. Nabila Putri Salsabila_Teknik Informatika_UPN Veteran Yogyakarta
  6. Farah Nuzul Fauziyyah_Sastra Indonesia _UNY
  7. Nabil Daffariq_Sistem Informatika_UPN Veteran Yogyakarta
  8. Abdullah Azzam Syakra_Sastra Arab_UNS
  9. M. Hisyam Hibatullah_Ilmu Administrasi Bisnis_UPN Veteran Yogyakarta
  10. M. Aqil Nur Fattah_Ekonomi Pembangunan_UPN Veteran Yogyakarta
  11. Hamas Rafiudin_D4 Teknologi Rekayasa Mesin_UGM
  12. M. Danendra Azzam_Ekonomi Pembangunan_UPN Veteran Yogyakarta
  13. M. Daffa Assyura_Teknik Sipil_Universitas Sriwijaya Sumatera Selatan

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *