Program rutin akhir tahun untuk para santri kelas 9 sebelum dinyatakan lulus dari SMP MBS adalah Munaqosyah Tahfidzul Al Quran. Program yang bertajuk Munaqosyah Akhir Tahun untuk santri kelas 9 itu dilaksanakan pada Sabtu (4-12/3/2023) di empat tempat berbeda. Kegiatan yang dilaksanakan selama lebih dari satu pekan itu diikuti oleh seluruh santri kelas 9 sebanyak 518 santri.

Munaqosyah Tahfidzul Al Quran adalah ujian yang bertujuan untuk menguji kemampuan santri dalam menghafal ayat-ayat Al Quran. Itu juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam pembelajaran Al Quran yang selama ini dilakukan di sekolah.

Munaqosyah Tahfidzul Al Quran Siswa SMP MBS tahun pelajaran 2022-2023 ini menetapkan standar minimal perolehan hafalan untuk kelas 9 adalah 2 Juz. Hal ini dilakukan sebagai upaya membina dan mencetak generasi bangsa yang mencintai Al Quran dan mengamalkan akhlak mulia sesuai dengan visi misi sekolah.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh 518 santri yang terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok tahfidz MBS pusat berjumlah 390 santri, MBS 2 82 santri, sedangkan MBS program ARF sebanyak 46 santri.

Ustadz Urwatul Qalbi, kepala bagian tahfidz putra mengatakan, dari 518 santri kelas 9 tahun ini tidak hanya diuji tingkat hafalannya oleh para asatidz. Namun, mereka juga diharuskan untuk menguasai kaidah tajwid. Masing-masing majlis ada satu munaqisy yang menguji. Hal-hal yang diujikan berupa sambung ayat sesuai dengan maqra yang didapatkan, membaca surah-surah favorit dari juz 30 dan pertanyaan khusus tentang tajwid.

Sementara itu, kabag tahfidz putri, ustadzah Sri Nurrahmi mengatakan, para santri peserta munaqosyah diwajibkan menyetorkan hafalan wajibnya 2 juz. Namun demikian, ada beberapa santri yang tergabung dalam program halaqoh tahfidz khusus yang memiliki hafalan lebih dari 2 juz.

Data pencapaian hafalan Al Quran kelas 9 sudah memenuhi target yang ditetapkan sekolah. Seluruh siswa kelas 9 sudah masuk ke dalam program tahfidz. Dari 518 santri terdapat 3 santri yang telah menuntaskan setoran hafalan al qur’an 30 juz.

Sebagaimana diketahui, program Tahfidzul Al Quran merupakan program unggulan SMP MBS. Banyak wali santri yang menyatakan bahwa program hafalan Al Quran ini menjadi salah satu alasan menyekolahkan putra-putrinya di SMP MBS.(ElMoedarries)