Tim Cerdas Cermat Agama (CCA) SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta berhasil membawa pulang trofi juara 3 dalam Islamic Haska JMF FMIPA UNY Festival tingkat Nasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu 15 Oktober 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim CCA yang terdiri dari M. Alfian Fakhrurrozi (XII MIPA 1), Alwan Candra Ririh Adyaksa (XII MIPA 2), dan Hanif Ihsan Ramadhan (XII MIPA 2) harus puas menduduki posisi ketiga setelah di babak final harus mengakui keunggulan kompetitornya.

Sebelum masuk babak final, tim CCA SMA MBS berhasil masuk delapan besar dari 24 peserta yang didominasi dari DIY dan Jateng pada seleksi pertama.

Delapan tim yang masuk semifinal dibagi menjadi dua grup. Bersama dengan MA Darul Ahsan, SMA Muhammadiyah Kota Barat Surakarta dan SMA TrenSains Sragen, MBS berhasil maju mendampingi MA Darul Ahsan ke babak grand final setelah sebelumnya mengeliminir dua semifinalis lainnya, SMA Muhammadiyah Kota Barat Surakarta dan SMA TrenSains Sragen.

Babak final CCA ini dilaksanakan dalam dua babak dan berjalan kompetitif. Pada babak pertama masing-masing regu, SMA MBS, MA Darul Ahsan, MAN 3 Sleman dan SMAN 2 Bantul berhasil meraup nilai optimal, sehingga selisih nilai yang didapat setiap regu sangat tipis. Hingga pada babak kedua (babak rebutan) Alfian Fakhrurrozi dkk gagal merebut mayoritas soal yang diajukan oleh dewan juri dan mengantarkan tim CCA SMA MBS menjadi terbaik ketiga.

Ustadz Eko Sugiarto, S. Pd pendamping lomba mengakui bahwa dirinya optimis bisa masuk babak final, dan Alhamdulillah bisa terwujud. Meski belum mendapatkan hasil yang maksimal, sebagai pembimbing beliau merasa optimis bahwa capaian ini mampu meningkatkan motivasi santri lain untuk bisa meraih keberhasilan di cabang-cabang lomba yang lain.

“Apapun hasilnya harus disyukuri. Ikhtiar dan sinergitas dalam tim yang telah berupaya keras telah mencapai hasil yang diharapkan”, ungkap ustadz Eko.(ElMoedarries)