Mudabbir adalah istilah yang digunakan Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta untuk menyebut santriwan kelas X SMA yang terpilih untuk diamanahi tanggung jawab membina adik-adik kelasnya di tiap-tiap asrama.

Tidak seluruh santriwan kelas X SMA yang menjadi mudabbir. Ada proses penyeleksian yang ketat dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Adapun acara mudabbir ditujukan untuk memperkuat eksistensi keberadaan mudabbir sebagai pembina, pengawas dan uswah bagi adik-adik kelas di bawahnya.

Pelantikan mudabbir baru ini dilakukan di lapangan kompleks kampus putra MBS, Senin(8/8/2022). Acara berlangsung setelah melaksanakan sholat isya berjama’ah. Para santri dan pengurus pondok pun berkumpul menyaksikan acara sakral ini.

Pengasuh Pesantren yang juga menjadi Wakil Direktur Bidang Pendidikan, ustadz Rahmat Susanto, S.Pd pun menyambut para mudabbir baru ini dengan suka cita. Bagi beliau, mereka akan menjadi generasi pendidik kedisiplinan baru yang lebih fresh namun tetap dalam koridior kepesantrenan.

Puncak acara adalah ketika 91 nama santri pilihan itu disebutkan satu persatu untuk maju ke atas panggung. Perasaan bangga dan haru tergambar pada raut wajah mereka. Disatu sisi mereka bangga menjadi salah satu santri pilihan dari ratusan santri. Disisi lain mereka harus mengingat bahwa amanah yang mereka emban akan ada pertanggung jawabannya di akhirat kelak. Setelah  91 santri itu menaiki panggung, ustadz Faqihuddin, Lc selaku Wadir Kemakhadan menuntun mereka untuk membaca ikrar. “Siap!! ” jawab mereka ketika ustadz Faqih menanyakan apakah mereka telah siap untuk menerima amanah sebagai mudabbir.

Acara pelantikan mudabbir pun diakhiri dengan prakata dari perwakilan para mudabbir, Naufal Izzuddin Rais. Santri kelas X IPS 2 itu dengan rendah hati mengatakan bahwa posisi yang ia dan teman-temannya capai saat ini adalah berkat sokongan dan dukungan baik dari para ustadz, kakak dan adik kelas. Ia juga meminta dukungan dan kerjasamanya agar bisa mengemban amanah dengan baik. “ Terima kasih, kami tunggu kolaborasi yang baik dari berbagai pihak .” katanya. (ElMoedarries)