Senin 9 Agustus 2020, PPM MBS Yogyakarta kedatangan tamu dari PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah) Saudi Arabia. Kunjungan itu dilaksanakan pada jam 19.30 di Kompleks PPM MBS Yogyakarta. Kunjungan diterima langsung oleh Direktur MBS, Ustadz Fajar Shadiq, beserta jajaran Wakil Direktur.

Kunjungan PCIM ini dilakukan dalam rangka kegiatan Safari Madrasah. Safari Madrasah adalah program silaturahmi dan kunjungan PCIM Saudi Arabia ke sekolah-sekolah Muhammadiyah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berMuhammadiyah di Saudi Arabia. Menurut salah satu anggota PCIM Saudi Arabia Ustadz Nur Fajri Ramadhan, Lc kegiatan ini bertujuan : Pertama,  Memperkenalkan PCIM Arab Saudi kepada kader muda Muhammadiyah khususnya di PPM MBS Yogyakarta. Kedua,  memperkenalkan kesempatan menuntut ilmu di Saudi Arabia pada jenjang perkuliahan. Ketiga, menjalin silaturrahmi antara sekolah/pondok pesantren muhammadiyah dengan PCIM. Keeempat, membantu kader muda Muhammadiyah untuk belajar di Saudi Arabia.

Program Safari Madrasah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1-7 Agustus 2022 di penjuru pelosok Indonesia. Direktur PPM MBS Yogyakarta mengatakan “Kerjasama Internasional ini penting dibangun untuk melesatkan anak panah peradaban ke seluruh dunia.” Direktur menambahkan bahwa “PCIM adalah wadah bagi kader untuk berkiprah dan berdakwah di seluruh penjuru dunia termasuk Timur Tengah.  PCIM Saudi Arabia ini juga merupakan wadah bagi kader untuk berjejaring, berorganisasi dan berdakwah di kalangan Internasional dalam wadah persyarikatan.”

Dalam momen tersebut, hadir empat orang pengurus PCIM Arab Saudi. Dua diantaranya merupakan alumni MBS yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Islam Madinah, akhi Rizal Arifin dan Imam Arifin. Keduanya sekarang menjadi pengurus aktif PCIM Arab Saudi, masing-masing di bagian media dan perkaderan.

Tahun ini PCIM hanya mampu mengunjungi 20 madrasah dari 94 madrasah yang telah mendaftar mengajukan diri. “Mohon maaf, saat ini kami hanya mampu mengunjungi 20 sekolah saja, karena terkendala waktu dan keterbatasan jumlah kader PCIM”, ujar ketua program safari madrasah. Ustadz Nur Fajri menambahkan, salah satu follow up program ini adalah kerjasama antara PCIM dan madrasah dalam mendaftarkan siswa ke Perguruan Tinggi di Arab Saudi. Animo baik dari sekolah Muhammadiyah sangat menyemangati gerakan PCIM Arab Saudi, Semoga tahun berikutnya dapat mengunjungi lebih banyak sekolah lagi, terang pria Payakumbuh tersebut penuh harap.

Acara malam itu diikuti santri PPM MBS Yogyakarta. Para santri terlihat antusias dan berdialog dengan para alumni mereka yang sudah berkiprah di dunia internasional, salah satunya di Saudi Arabia. (ElMoedarries)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen + twenty =