ABAS – 10, MORE THAN SHARING AND CARING (PART 1)

PPM MBS Sleman Yogyakarta kembali menggelar kegiatan Amal Bakti Santri (ABAS) ke-10. Agenda tahunan yang menjadi kegiatan rutin santri MBS kali ini diadakan di daerah Magelang, Jawa Tengah. Bertempat di dusun Kenayan dan Banyuroto, daerah dengan ketinggian 1350 MDPL di lereng gunung Merbabu, sebanyak 1023 santri MBS menggelar kegiatan sosial.

Bertempat di balai desa Banyuroto, dihadiri elemen pemerintah desa setempat, ketua PRM, unsur Pemuda dan Karang Taruna dusun Banyuroto beserta perwakilan santri peserta ABAS, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18-22 desember ini secara resmi dibuka. Diawali sambutan dari ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Banyuroto, bapak Prayogo, M. Pd. Beliau mengatakan, adanya kegiatan ABAS di dusun Banyuroto dan Kenayan ini merupakan awal yang sangat baik untuk membantu memberikan pencerahan dan warna yang baru bagi warga masyarakat sekitar yang notabene masih sangat awam dalam urusan agama, khususnya dusun Kenayan dan Banyuroto, tuturnya.

Sementara itu sambutan dari pemerintah desa setempat diwakili oleh Pak Seno. Di hadapan peserta ABAS yang hadir, Kepala Urusan Pemerintahan desa Banyuroto ini menyambut kegiatan ABAS ini dengan baik. Saya ucapkan selamat datang peserta ABAS dari pondok Pesantren MBS Sleman Yogyakarta di dusun Banyuroto, ucap Pak Seno. Pak Seno sangat berharap kegiatan ABAS ini bisa menjadi tempat pembelajaran dan memberi tambahan pengalaman terbaik bagi santri. Selain itu, sambung Pak Seno santri bisa mendapatkan tambahan ilmu bagaimana cara hidup bermasyarakat dengan baik, pungkasnya.

Dari pihak pondok, Ustadz Faqihudin, Lc secara resmi menyerahkan peserta ABAS -10 kepada pemerintah desa setempat. Membuka sambutan dengan ucapan terimakasih, Wakil Direktur bagian Kemakhadan resmi menyerahkan peserta ABAS-10. Dengan jumlah peserta 1023, ditempatkan di 108 Kepala Keluarga dengan disertai 30 pendamping, santri MBS mulai berfastabiqul khoirot di dusun yang mayoritas penduduknya petani hortikultura.

 

Program menarik telah dipersiapkan panitia ABAS -10. Festival Anak Sholeh, Ashabul Kahfi, Pasar Murah, baksos, Pembagian Paket Pendidikan dan Tabligh Akbar merupakan rangkaian acara yang telah di agendakan panitia. Yang tidak kalah penting program utama dari kegiatan ABAS ini adalah memberikan pengalaman kepada santri untuk berbaur, belajar, mengetahui kehidupan warga masyarakat dengan tingkat ekonomi dan pengetahuan  agama yang masih minim. (El Moedarries)

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *