Dua santri MBS lolos Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-6 tahun 2023 tingkat nasional, setelah mengantongi tiket dan menjadi yang terbaik di tingkat provinsi yang dilaksanakan pada Sabtu (24/9/2023) di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, Bantul.

Dalam olimpiade tersebut, MBS berhasil meraih lima tropi. Yakni Juara 1 oleh Vania Nabila Izzati R. ( 11 IPS 7 ) dan juara harapan 3 atas nama Muhammad Haidar Farras (12 MIPA 3) untuk jenjang SMA. Sedangkan untuk jenjang SMP, MBS memborong tiga tropi yang masing-masing dipersembahkan oleh Bagas Adi Satya Muhammad (9L) yang berhasil mendulang juara 1, sementara dua tropi lainnya diraih oleh Rifqi Jauhar (9E) dan Indira Pratistha Hastoro (9M) sebagai runner up dan juara 3. Atas prestasinya tersebut Vania dan Bagas berhak mewakili D.I Yogyakarta pada OBA tingkat Nasional.

Kegiatan Olimpiade Nasional Bahasa Arab merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini diselenggarakan selain sebagai syiar Bahasa Arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat ukhuwah islamiyah-wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan bahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan pengajar dan pelajar bahasa Arab di Indonesia. Demikian yang disampaikan oleh ustadzah Zulfa Khuriyatul Farah, S.Hum, salah seorang  guru bahasa Arab MBS.

“Melalui Olimpiade Nasional Bahasa Arab ini diharapkan potensi dan bakat pelajar dan pengajar bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Selanjutnya, ustadzah Zulfa menuturkan bahwa kompetisi bergengsi ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten sampai nasional. Di tingkat provinsi hanya diambil satu orang untuk kembali berkompetisi di tingkat nasional.

“Alhamdulillah pesantren kami dapat meloloskan dua santri untuk melanjutkan kompetisinya di tingkat nasional,” kata ustadzah Zulfa.

“Tentunya kami mohon doa dan dukungan semua pihak, khususnya keluarga besar PPM MBS Yogyakarta. Mudah-mudahan bisa meraih prestasi di level nasional nantinya,” ustadzah Zulfa berharap.

Kemenangan yang diraih santri MBS tentu membahagiakan seluruh pihak, baik peserta maupun pembimbing olimpiade. Dalam mempersiapkan kompetisi ini para peserta dibimbing oleh tiga guru Bahasa Arab yakni ustadzah Zulfa Khuriyatul Farah, S.Hum, ustadzah Irma Yuliyanti, S.Pd, dan ustadz Septian Kashogi, S.Pd.

“Kita layak bersyukur atas pencapaian yang diraih santri MBS, mohon doanya agar santri MBS yang mewakili DIY bisa berjaya dan mempersembahkan yang terbaik di tingkat nasional”, tutur ustadz Septian kashogi, S. Pd.

Pada Olimpiade Bahasa Arab tingkat Nasional nantinya semua guru pembimbing juga akan ikut Olimpiade Nasional Bahasa Arab menghadapi seluruh guru pembimbing para peserta Olimpiade Bahasa Arab.(ElMoedarries)