Athiya Imamus Shalihah, mahasiswa Sarjana Terapan Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur terpilih sebagai Duta Kesehatan Indonesia 2023 Provinsi Kaltim dan berhak mewakili Provinsi Kaltim dalam pemilihan Duta Kesehatan Indonesia di Jakarta.

Setelah lolos menjadi salah satu finalis dan menjalani rangkaian tes pada tanggal 19 maret 2023 di Jakarta, akhirnya alumnus Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta angkatan 8 tersebut masuk nominasi top ten atau 10 besar finalis Duta Kesehatan Indonesia 2023 bersama dengan para finalis lainnya.

Untuk itu, putri dari Bapak Suwoko dan Ibu Sri Astuti, kini tengah diselimuti rasa senang dan bahagia setelah dirinya bisa terpilih dan masuk dalam jajaran 10 besar finalis Duta Kesehatan Indonesia.

Ketika ditanya, dara kelahiran 2 Maret 2003 merasa sangat senang dapat terpilih menjadi finalis Duta Kesehatan Indonesia mewakili Kaltim dan masuk 10 besar tingkat Nasional.

Sebuah prestasi yang membanggakan bagi keluarga IKA Alumni MBS dan Poltekkes Kemenkes Kaltim tentunya, karena salah satu mahasiswanya mampu bersaing dan terpilih menjadi finalis Duta Kesehatan Indonesia 2023. Sebuah program yang diadakan Yayasan Duta Kesehatan supported dari Kemenkes RI.

Terlepas dari pencapaiannya, tentu tidaklah mudah. Mulai dari seleksi berkas, membuat esai singkat tentang intervensi penyakit daerah masing-masing, program kerja yang akan dikerjakan ketika telah menjabat, sesi interview, pembuatan video advokasi hingga pidato kesehatan dan sesi tanya jawab dilaluinya dengan penuh perjuangan.

Semua itu harus ia tempuh dan tak terlepas dari perhatian dosen juga dukungan pihak kampus. “Saya patut berterimakasih sekali, karena mendapatkan banyak respon positif, sehingga dibantu dan dibimbing memperdalam materi untuk mengikuti pemilihan ini,” kata mantan bagian ASBO IPM MBS tersebut.

Prestasi ini merupakan bagian dari upaya dan kerja kerasnya dalam menempa diri, mengembangkan karakter, dan mengukir prestasi. Bagi pemilik akun ig atmuss_itu mengisi hari-hari dengan berbagai kegiatan dan aktivitas positif sangat penting, di samping menempa diri melalui prestasi, juga melalui aktivitas kegiatan kampus dan organisasi. Salah satunya ia aktif di berbagai kepanitiaan dan menjadi Ketua Bidang Hikmah IMM.

Alhamdulillah mengawali tahun 2023 ini, Tia sapaan akrabnya bisa terpilih menjadi finalis top ten Duta Kesehatan Indonesia 2023. Mohon doanya semoga dengan apa yang diraihnya saat ini menjadi motivasi untuknya dan lingkungan sekitar bahwa pembangunan bidang kesehatan tidak boleh diabaikan, itu adalah hal mutlak.

“Kesehatan merupakan sarana mutlak untuk meningkatkan produktifitas dan merupakan pra syarat utama dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas,”imbuhnya.(ElMoedarries)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *