Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah-Aisyiyah (PCIM/A) Turki beserta pengurus baru ortom dan AUM periode 2022-2024 dilantik pada Rabu (22/06/2022) kemarin, bertempat di KJRI Istanbul. Ortom maupun AUM tersebut adalah PCIM, PCIA, LazisMu, dan Tapak Suci cabang Turki.

Pelantikan yang digelar secara daring dan luring ini menghadirkan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. Selain itu, pelantikan PCIA Turki juga dihadiri PP Aisyiyah, Dr. Siti Noordjannah Djohantini,MM, M.Si secara virtual.

Tidak ketinggalan, hadir pula ketua umum Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Drs. Afnan Hadikusumo yang akan melantik PP Tapak Suci Turki. Serta yang terakhir hadir juga secara virtual wakil ketua pusat LazisMu, Eny Wijayanti, SE, M.Si. Semua disambut secara hangat oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Imam As’ari sebagai tuan rumah.

Menarik diikuti, karena beberapa pengurus PCIM yang dilantik adalah alumni Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Dalam susunan kepengurusan PCIM Turki periode 2022-2024, tercatat ada 12 nama alumni MBS yang sekarang tengah menempuh pendidikan di Turki.  Tamatan sekolah kader yang biasa dikenal dengan sebutan MBS ini dikukuhkan menjadi pengurus PCIM-PCIA Turki untuk mengemban amanah di beberapa bidang, diantaranya :

  1. Neysa Rasionalis El Rahma

– PCIA Turki / Wakil Sekretaris

– Lazismu Turki / Kepala Staff Keuangan

– Tapak Suci Turki / Anggota Bidang Hubungan Masyarakat

  1. Aina Arrifati Ulfah A Zaini

– PCIA Turki / Pengkaderan

  1. Dhiracitta Hanifah Hidayat

– PCIA Turki / Wakil Bendahara

– Lazismu Turki / Staff Keuangan

  1. Keisha Aura

– PCIA Turki / Bendahara

  1. Aqilah Putri Dzakiyyah

– PCIA Turki / Anggota Majelis Advokasi

– Lazismu Turki / Staff Fundraising

  1. Aleesya Azza Badrina

– Ketua Majelis Tablig dan Keilmuan

  1. Uzlah Irbah Karimah

– PCIA Turki / Anggota Majelis Publikasi dan Komunikasi

– Lazismu Turki / Staff Fundraising

  1. Nasyah F

– Tapak Suci Turki / Bendahara

  1. Thoriq Riwanda Fitrah

– PCIM Turki / Majelis Pengkaderan

– Tapak Suci Turki / Wakil Ketua

  1. Muhammad Azka Imtaza

– PCIM Turki / Majelis Pustaka dan Informasi

  1. Ahmad Jihad Syamil

– PCIM Turki / Majelis Tarjih

– Lazismu Turki / Staff Fundraising

  1. Zaki Akrom Nazih

– PCIM Turki / Majelis Pustaka dan Informasi

Thoriq Riwanda Fithrah yang baru saja dilantik sebagai majelis Pengkaderan, wakil ketua Tapak Suci dan ketua PRIM Kutahya menceritakan perjuangan mengembangkan organisasi berlambang matahari di bumi utsmani. Di hubungi via telepon, mahasiswa semester dua jurusan public finance Dumlupinar University tersebut merasa bersyukur karena bisa bergabung di kepengurusan periode ini.

Thoriq berharap, bergabungnya rekan-rekan alumni MBS di gerbong kepengurusan ini bisa memberikan kontribusi dan sumbangsih bagi kemajuan Muhammadiyah Turki. Mahasiswa asal Samarinda ini juga sangat berharap dengan pelantikan kali ini bisa melebarkan sayap Muhammadiyah atau internasionalisasi Muhammadiyah.

Hal demikian diamini Neysa Rasionalis El Rahma. Neysa merasa bersyukur karena pada tahun ini diresmikan juga PCIA, LazisMu dan Tapak Suci Turki setelah kurang lebih enam tahun lamanya PCIM berjuang sendiri di Turki. Dara asli Bantul tersebut juga berpesan kepada sesama rekan seperjuangannya agar bisa membagi porsi waktu antara berorganisasi dan belajar. Neysa menyebut, sudah menjadi kewajiban sebagai kader persyarikatan  untuk bisa berkhidmat secara maksimal di Muhammadiyah, namun demikian kewajiban utama untuk belajar dan menyelesaikan studi tepat waktu tidak boleh terabaikan, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan acara seminar pra pelantikan dan upgrading Rakerpim PCIM Turki. Mengusung tema “Halal Lifestyle” kolaborasi PKM Internasional Farmasi UAD dengan program PCIM Turki dan KJRI Istanbul.(ElMoedarries)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *