Juara 1 Pencak Silat Puteri Tingkat DIY, Santri MBS Maju Ke Tingkat Nasional

Prestasi demi prestasi berhasil dicetak oleh santri MBS Sleman, kali ini pada cabang olahraga Pencak Silat Puteri. Santriwati bernama Maulida Alfi Nadiya berhasil meraih juara 1 Pencak Silat puteri tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberhasilan tersebut membawa Maulida maju ke tingkat Nasional mewakili DIY dan akan bersaing dengan peserta dari 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Di masa pandemi, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SMA/MA tahun 2021 cabang olahraga pencak silat yang merupakan salah satu program Pusat Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan secara daring (online) mengacu pada protokol kesehatan.

Tampil di kelas kata perorangan, dara kelahiran Klaten ini mengokohkan dirinya di puncak klasemen pool B sekaligus meraih tiket lolos ke tingkat nasional dengan mengumpulkan total nilai 413. Menjadi satu-satunya wakil dari pesantren yang berhasil maju ke tingkat nasional menjadi kebanggaan tersendiri. Kesuksesan santriwati MBS maju ke tingkat nasional membuktikan kalau santri juga bisa berprestasi di dunia pencak silat. Hasil ini juga menjadi sinyal positif bahwa Tapak Suci putera Muhammadiyah selalu eksis melahirkan atlet-atlet yang layak diperhitungkan.

Di ajang ini dua atlet dari MBS  meraih medali kejuaraan. Masing-masing Maulida  (emas) dan Nurul Khairunnisa (perak). Pelatih tapak suci sekaligus kabag kesiswaan putra MBS ustaz Ikhwan Anshori mengaku bahagia karena Maulida menjadi satu-satunya wakil pondok pesantren yang berhasil lolos maju ke tingkat nasional. Alhamdulillah dua atlet mendapatkan medali kejuaraan dan terbukti hasil tidak mengkhianati usaha,” katanya.

Dikatakan ustaz Anshori, berdasarkan panduan KOSN peserta peringkat 1 dari tiap pool selanjutnya akan mengikuti babak final atau maju ke tingkat nasional.  MBS sukses menempatkan dua wakilnya di pool B dengan status peringkat 1 dan runner up. Dengan demikian, MBS hanya mengirimkan satu wakilnya untuk maju ke tingkat nasional. Terlepas dari hasil itu, anak-anak telah memberikan kemampuan terbaiknya, tutupnya.

Sementara itu peraih medali emas Maulida Alfi Nadiya menyatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraihnya. Santriwati yang kini duduk di bangku kelas XII MIPA 4 ini tidak menduga bisa lolos maju ke tingkat nasional. Maulida bersyukur ikhtiar latihan dengan tekun dan teratur membuahkan prestasi membanggakan.

“Tiket ke tingkat nasional ini semua berkat doa dan usaha selama ini. Berupa latihan secara teratur dan selalu mendengar apa yang dikatakan pelatih,” tuturnya.

Putri pasangan Sri Sumarsono dan Sri Suharti bertekad untuk berjuang lebih semangat mengadapi kejuaraan di tingkat nasional mendatang. Hal itu pun didukung kordinator lomba MBS Sleman, ustaz Eko Sugiarto, S. Pd.

“Segala dukungan kami berikan kepada seluruh atlet agar sukses di tiap event lomba. Kami berharap Maulida juga mendapat kesuksesan di tingkat nasional nantinya. Tidak lupa, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang dan berusaha dengan sebaik-baiknya di gelanggang pencak silat KOSN Tingkat Provinsi DIY,” ujar ustaz Eko. (ElMoedarries)

 

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *