KISAH SULTAN PRASASTI, ALUMNI MBS DAPAT TIKET GRATIS STUDENT EXCHANGE KE EROPA

Alumni MBS Sleman Yogyakarta angkatan 5, Sultan Prasasti berhasil lolos Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini akhirnya mengantarkan Sultan Prasasti belajar ke University of Warsaw, Faculty International Politics Studies, Polandia selama satu semester.

Berawal dari informasi yang dibagikan salah satu dosen, Sultan pun nekat untuk mengikuti program ini. Menjadi salah satu peserta seleksi dari 28 universitas di Indonesia, mahasiswa kelahiran Lubuk Linggau ini berhasil lolos bersama dengan 17 rekannya dari UNY. “Dari jumlah 2500 peserta yang ikut seleksi, alhamdulillah saya bisa lolos dan menjadi bagian dari 900 mahasiswa Indonesia yang dapat kesempatan belajar gratis ke Eropa, cerita Sultan, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNY semester 7.

Program sekolah ke luar negeri memang sudah lama jadi incarannya. “Setelah lulus dari MBS pernah daftar kuliah di Australia, tetapi  cuma berjalan beberapa semester saja, dan sekarang ada program ke Eropa Timur. Aku mikir kenapa nggak dicoba aja, dan alhamdulillah keterima,” jelasnya.

Dengan waktu yang terbilang mepet, mantan Wapres English Debating Society (EDS) UNY 2019 pun menyiapkan semua persyaratannya. Sultan mengatakan, dirinya harus merevisi courses seperti mengisi mata kuliah yang diambil di UNY untuk semacam learning agreement dan mengajukan dana. Selain itu, dalam waktu dekat alumni MBS langganan juara debat bahasa inggris sewaktu jadi santri itu juga harus mengurus visa keberangkatan.

Mendapat kesempatan belajar di Polandia, Sultan berharap akan menjadi pengalaman hidup yang berharga. Ia juga merasa kedatangannya belajar ke negara pecahan Uni Soviet ini dapat memperkuat hubungan kultural antara Indonesia dan Polandia.(ElMoedarries)

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *