Sabtu (2/3/2024) bagian At-Tanwir PPM MBS Yogya menggelar  Tes IQ, Minat, dan Bakat. Acara ini diikuti oleh Kelas IX SMP MBS Yogyakarta di kelas masing-masing. Penanggungjawab kegiatan Ustazah Dinar Dewi Utami, S.Pd mengatakan tujuan dari kegiatan ini  adalah agar sekolah mampu memetakan potensi peserta didik (santri) sesuai dengan minat dan kemampuannya, untuk kemudian diarahkan dengan baik berdasarkan karakteristik masing – masing peserta didik (santri). Selain itu bagi santri dan wali santri tujuannya adalah agar dapat mengetahui kemampuan kognitif, kepribadian, minat, hingga bakat santri. Untuk selanjutnya menjadi bahan pertimbangan pemilihan karir di masa mendatang.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama dengan Biro Psikologi Bina Asih. Ustazah Dinar juga mengatakan bahwa hasil tes ini akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam pemetaan potensi santri.

Tim BK At-Tanwir berfoto bersama usai acara Tes IQ (Sabtu, 2/3/2024)

Kepala Bagian At-Tanwir Ustazah Esti Rosiana, M.Psi., Psikolog berharap ”untuk santri dan wali santri agar dapat mengetahui potensi kognitifnya secara umum, kecenderungaan kepribadiannya, dan minat penjurusan saat studi lanjut. Lebih jauh, mereka juga bisa menggunakan hasil tes tersebut untuk mengarahkan minat karier/pekerjaan mereka di masa depan. Tes IQ minat bakat ini juga dapat bermanfaat bagi kami di sekolah sebagai upaya untuk melakukan pemetaan potensi dan kecenderungan minat santri sehingga santri dapat diarahkan sesuai dengan keunikannya masing-masing.” [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *