Merujuk pada Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 2989/D3/KP/2018. Menetapkan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta menjadi sekolah rujukan tahun 2018. Bersama delapan sekolah lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, MBS menjadi sekolah berbasis pesantren pertama yang masuk nominasi menjadi sekolah rujukan selain SMP Al Mujahidin Gunungkidul. Terpilihnya SMP MBS menjadi sekolah rujukan merupakan anugerah dari Allah yang patut disyukuri oleh segenap civitas akademika MBS. Hal ini merupakan kebanggaan sekaligus sebagai ujian bagi kita semua selaku keluarga besar MBS untuk senantiasa meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan yang di selenggarakan di MBS.

Ustadz Fauzan Yakhsya, S. Hum selaku kepala sekolah SMP MBS menyampaikan, dengan ditunjuknya SMP MBS Sleman Yogyakarta sebagai sekolah rujukan tentu saja menjadi tantangan yang harus dihadapi dan dipersiapkan lebih matang. Menurut Ustadz Fauzan, setelah terpilih menjadi sekolah rujukan, SMP MBS akan segera bergerak cepat untuk membuat tim Sistem Penjaminan Mutu Sekolah atau SPMS agar sesuai standard nasional pendidikan. Selain itu, ujar beliau SMP MBS akan berusaha menciptakan ekosistem yang kondusif serta penguatan pendidikan karakter yang harapannya MBS bisa menjadi rujukan atau model serta pusat sumber belajar bagi sekolah lainnya, tuturnya.

Atas hasil positif itu pula, pada tanggal 30 Juli – 1 Agustus 2018, Kepala Sekolah SMP MBS ditunjuk untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis pembinaan SMP rujukan region Surabaya yang diikuti oleh 100 SMP rujukan dari beberapa wilayah di Indonesia seperti diantaranya dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Bali dan Maluku. Diantara agenda kegiatan Bimtek yang dihadiri oleh Direktorat Kemendikbud dan Ketua LPMP Jawa Timur itu meliputi penyusunan program pengembangan mutu sekolah dan penmgimbasan sekolah rujukan bersama Kepala Sekolah SMP rujukan lainnya. Mudah-mudahan keberhasilan SMP MBS menjadi sekolah rujukan bisa berimbas dan memberikan dampak positif bagi sekolah-sekolah SMP lainnya di sekitar MBS. ( El Moedarries )

 

1 reply

Comments are closed.