“Mu’min yang kuat lebih dicintai Allah azza wa jalla daripada mu’min yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.” Sebagai sesama makhluk, kita ditugaskan oleh Allah untuk saling menjaga satu sama lain. Yang kuat harus melindungi yang lemah, dan yang lemah pun boleh melindungi yang kuat. Semua sudah ditentukan oleh Allah azza wa jalla, semua pasti memiliki masanya menjadi kuat dan masanya menjadi lemah.

Begitupun dengan para siswa Tapak Suci ini, mereka lebih memilih bersusah payah menempuh medan pelatihan ketimbang tidur nyenyak diatas kasur. Mereka adalah calon Kader Tapak Suci, para mu’min yang kuat dan berakhlak. Tujuan mereka tidak main-main, jika tekad sudah bulat maka tidak ada satupun yang bisa menghalau mereka. Mereka akan terus maju untuk memperjuangkan aqidah islam di era modern ini.

Bertepatan pada hari Kamis (29/02/24) hingga Jumat(01/03/24) Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Tapak Suci diadakan. Kegiatan tahunan ini, terpisah dari UKT Akbar yang dimana hanya mengkhususkan untuk beberapa siswa yang ingin lebih serius dalam organisasi Tapak Suci. Bermodalkan Iman dan Akhlaq, kelak sabuk yang ada di pinggang mereka akan berubah warna dari kuning menjadi biru.

UKT ini adalah pembeda bagi para Siswa Tapak Suci PPM MBS, karena UKT ini di jadwalkan diluar UKT Akbar. Yang dimana, mereka(para siswa) akan menghadapi kurang lebih 3 kali Ujian Kenaikan selama satu tahun ini. Dan proses yang mereka tempuh pastinya tidak akan mudah, karena bela diri adalah urusan bertarung dengan nyawa. Apabila kita salah langkah, kita harus segera kembali kepada yang benar. UKT bukanlah tempat untuk memukul atau bahkan hingga menyiksa siswa dengan ujian fisiknya dan tidak akan pernah seperti itu. Meskipun terdapat ujian fisik, tetap, setiap kader sudah mengetahui batas maksimal dari para siswanya dan itu hal yang ‘wajib’.

Kegiatan ini diikuti oleh para santri yang hendak naik sabuk  (Tingkat) dalam jenjang dunia persilatan khususnya di Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Bertempatkan di area Pondok hingga desa sekitar, UKT ini terbilang cukup lancar meskipun sempat terkendala dengan berbagai masalah. Entah itu internal ataupun eksternal dari kepengurusan panitia UKT kali ini. Tapi berkat kehendak Allah, semua masalah terlewati dengan susah-mudahnya. [IPM Putera]