Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta menerima kunjungan dari PCIM (Pimpinan Cabang Istimewa) Turki untuk melakukan sosialisasi tentang studi lanjut di Turki. Acara ini berlangsung pada hari Senin, 21 Agustus 2023 di masjid Attanwir. Peserta sosialisasi tersebut adalah santriwan kelas XII.

Program sosialisasi yang dilakukan oleh PCIM Turki ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dimulai tahun lalu ditujukan untuk sekolah-sekolah Muhammadiyah di Indonesia. Program ini bernama KELIRA 2023 (Keliling Indonesia Raya), yakni program berkunjung ke berbagai sekolah di Indonesia untuk melanjutkan studi lanjut ke negeri Turki. Terdapat lima sekolah yang dikunjungi di daerah Yogyakarta, antara lain: MBS Prambanan Yogyakarta, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan MBS Pleret. MBS menjadi salah satu sekolah yang dituju, hal ini karena sudah ada beberapa alumni MBS yang menjadi mahasiswa di Turki, salah satunya adalah Neysa Rasionalis El Rahma (Kutahya Dumlupinar Universitesi).

Proses sosialisasi disampaikan oleh Haydar Syihabuddin, salah satu pengurus PCIM Turki yang sedang melanjutkan studi di Turki. Haydar menjelaskan bahwa Turki sudah membuka pendidikan lebar-lebar sejak tahun 2016 untuk berpendidikan di Turki. Sehingga PCIM Turki mengambil kesempatan itu untuk mengajak kader-kader Muhammadiyah di Indonesia agar bisa melanjutkan studi ke negara tersebut. Ia juga menjelaskan tentang berbagai jalur beasiswa untuk mendaftar ke perguruan tinggi di Turki, seperti YTB (Turkiye Burslari Scholarships), TDV (Türkiye Diyanet Vakf?), dan beasiswa lainnya.(ElMoedarries)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *