Pada hari Selasa (1/8/2023) di kompleks PPM MBS Yogyakarta, sore hari ba’da Asar, Hizbul Wathon mengelar apel perdana. Apel perdana ini sebagai tanda dimulainya ekstrakurikuler HW di PPM MBS Yogyakarta.

Hizbul Wathon menjadi organisasi Otonom Muhammadiyah di PPM MBS Yogyakarta. Sebagai wadah perkaderan, HW turut serta membina, mendidik dan sebagai wadah organisasi bersama santriwan-santriwati yang ada di PPM MBS Yogyakarta. Ustaz Faris Abdurrasyid, S.A.g selaku Pembina HW Qobilah Jenderal Syarbini mengatakan “ Tujuan HW untuk mempersiapkan dan membina kader muda Muhammadiyah (anak, remaja dan pemuda) yang memiliki aqidah, fisik, dan mental, berilmu dan berteknologi serta berakhlakul karimah sehingga terwujud pribadi muslim sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat dan bangsa.”

Apel sore waktu itu diikuti sekitar 700-an peserta dari santriwan. Bertindak sebagai pembina apel Rakanda M.Farras Raihan.

Kegiatan HW ini merupakan ekstrakurikuler wajib di PPM MBS Yogyakarta sebagai bentuk komitmen kepada pondok kader. PPM MBS Yogyakarta saat ini memiliki 8-10 pembina untuk santriwan.

Pada apel kali ini juga diikuti dari kelas VII-XI. Apel ini menandai dimulainya ekstrakurikuler HW dan penyematan tanda peserta kemah akbar HW di Malang yang bertepatan dengan Muktamar HW 27 Juli 2023 lalu.

Ekstrakurikuler di PPM MBS Yogyakarta sudah resmi dibuka. Selain HW, ada puluhan ekstrakurikuler lain yang bisa dipilih para santri. Ekstrakurikuler ini diadakan untuk mewadahi dan menyalurkan bakat dan mengembangkan bakatnya di PPM MBS Yogyakarta. (Arif Yudistira)