Senin-Kamis (10-13) Juli 2023, PPM MBS Yogyakarta menggelar In House Training di Aula Ki Bagus Hadi Kusumo di Gedung Terpadu PPM MBS Yogyakarta lantai 2. Kegiatan In House Training ini adalah kegiatan rutin sebelum pembelajaran di tahun ajaran baru dimulai.

In House Training dibuka oleh Ustaz Fajar Shodiq selaku Direktur PPM MBS Yogyakarta. Wakil Direktur II bidang pendidikan Ustaz Rahmat Susanto, S. Pd menerangkan  bahwa ada 3 tujuan mengapa IHT ini diadakan. Pertama, untuk meningkatkan pemahaman guru dengan kurikukum merdeka. Kedua, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena kita menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka saat ini masih diterapkan pada kelas VII, VIII, dan X. Terakhir, IHT juga diadakan untuk menyiapkan pembelajaran di tahun ajaran baru lebih baik.

Ustazah Rulli Aurilia Oktapina, S. Pd selaku Kabag Kurikulum menjelaskan bahwa IHT ini diadakan untuk pengembangan dokumen dan perangkat guru. Ada juga sesi penguatan profil pelajar pancasila (P5). Ustazah Rulli menambahkan bahwa dua hari akan diadakan untuk materi dan penguatan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Dua hari Rabu dan Kamis (12-13/7/2023) akan difokuskan untuk sosialisasi kurikulum dan persiapan pembelajaran.

Kabag Kurikulum juga menerangkan bahwa fokus pada guru mapel akan dikuatkan pada pembuatan perangkat pembelajaran. Sedangkan guru Syar’i akan difokuskan pada metode dan penggunaan media pembelajaran.

Pada sesi pertama, hadir selaku pembicara Bapak Sigit Tri Guntoro, M.S.i menyampaikan tentang “Paradigma Perubahan Kurikulum”. Sedangkan sesi dua akan diisi materi dengan tema “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” (P5), yang disampaikan oleh Bapak Joko Purnomo.

Ustaz Fahrud Mufadhil, S. Pd selaku guru Bahasa Indonesia menyampaikan kesan terkait IHT ini, “Alhamdulillah setelah mengikuti IHT dapat menambah pengetahuan baru terkait kurikulum merdeka dan implementasinya.” Ia juga mengharapkan hadirnya IHT ini bisa diterapkan pada pembelajaran dan bisa memajukan pendidikan khususnya di MBS.” (Arif)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *