PPM MBS Yogyakarta terus menorehkan prestasi bagi santrinya. Pondok Pesantren yang berada di Jalan Prambanan km.2 Piyungan, Marangan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta banyak mendapatkan prestasi.

Terbukti, sepanjang 2022, banyak prestasi yang diraih santri MBS, baik akademik maupun non akademik, mulai tingkat regional, hingga nasional. Prestasi ini menunjukkan jika sekolah berbasis boarding ini sangat istimewa mendidik santrinya.

Kordinator lomba MBS, ustadz Eko Sugiarto, S. Pd mengatakan, ratusan prestasi santri ini diraih di sepanjang pembelajaran tahun 2022-2023. Mulai dari jenjang SMP, Takhassus dan SMA.

“PPM MBS Yogyakarta terus menggali, mengembangkan dan mewadahi setiap potensi dan kompetensi peserta didik serta membimbing menjadi juara,”ucap guru bahasa inggris itu.

Kepala Sekolah SMP MBS, ustadz Fauzan Yakhsya, S. Hum, mengatakan, banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh santri dalam kurun waktu satu tahun selama 2022 ini mencerminkan semangat pesantren mandiri berprestasi.

“Kami terus berupaya untuk menggali potensi siswa melalui berbagai macam rangkaian program yang dapat mengembangkan dan merangsang kreativitas dan inovasi santri,” terang ustadz Fauzan.

“Pesantren hari ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya di berbagai macam even perlombaan baik itu bersifat akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh kementerian atau lembaga lainnya, mulai dari prestasi tingkat regional, kab/kota, provinsi, nasional hingga internasional,” sambungnya.

Pria yang juga aktif di MDMC kabupaten Sleman ini menegaskan, semua prestasi ini adalah kerja keras dan kerja cerdas seluruh warga pesantren. Kami hanya mendorong, memotivasi, dan memfasilitasi santri agar dapat terus tumbuh dan berkembang, mengasah talenta, bakat, serta minat yang mereka miliki, baik akademik maupun non akademik.

Ustadz Fauzan menambahkan, tahun ini, ada 266 medali yang berhasil ditorehkan santrinya. Sebanyak 162 prestasi diraih di tingkat nasional, 26 prestasi tingkat provinsi, 74 prestasi tingkat kabupaten/kota dan 4 prestasi tingkat kapanewon.

Prestasi gemilang juga diraih SMA MBS Yogyakarta. Sepanjang 2022, santri SMA MBS berhasil meraih total 251 prestasi dan penghargaan. Sebanyak 148 prestasi tingkat nasional, 26 tingkat provinsi, 57 tingkat kabupaten/kota, dan sisanya 20 prestasi tingkat kapanewon atau kecamatan.

“SMA MBS mencatat ada 208 santri yang terlibat dalam pencapaian prestasi akademik sepanjang 2022. Selain itu, tercatat ada 43 prestasi non akademik yang diraih para santri, itu artinya 251 Prestasi akademi dan non akademik sudah ditorehkan santri SMA MBS,” jelas ustadz Roiq, Lc, Kepala SMA MBS.

“Ini adalah salah satu dari sekian banyak pesantren yang memberikan warna bagi negeri dengan torehan prestasi yang begitu membanggakan. Tidak sedikit pesantren lainnya sudah memberikan banyak bukti nyata bahwa output dan produk pesantren siap memberikan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul bagi negeri ini,” ujar ustadz Roiq.

“Prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh santri ini menjadi kado terindah bagi kita semua, warga pesantren,“ tandasnya.(ElMoedarries)