Ujian Syafahi (Lisan) merupakan salah satu ujian akademik yang ada di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dan bisa dikatakan sebagai salah satu persiapan santri untuk menghadapi ujian Tahriri (tulis). Ujian Lisan ini meliputi mata pelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fiqih dan Al-Qur’an.

Adapun ujian syafahi ini dilaksanakan di tempat – tempat yang telah ditentukan seperti ruang kelas dan diikuti seluruh santri kelas XII SMA MBS yang berjumlah 301 peserta.

Pelaksanaan Ujian Lisan di MBS berlangsung selama 3 hari dimulai dari hari Sabtu-Senin (4-6 Maret 2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para santri diuji satu persatu oleh satu hingga dua orang penguji. Pada mata pelajaran Bahasa Arab, mereka diuji beberapa materi-materi mengenai pelajaran Nahwu, Shorof, Muthola’ah, Imla’, Muhadatsah dan Nushuh. Dan pada mata pelajaran Bahasa Inggris, mereka diuji beberapa materi mengenai Grammar, Reading, Speaking, Translation dan Dialogue. Sedangkan pada mata pelajaran Fiqih dan Al-Qur’an, mereka diuji mengenai kelancaran membaca Al-Qur’an, Tajwid, Ibadah Fi’liyyah dan Qouliyyah.

Semoga seluruh santri dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan selalu diberikan kemudahan dan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin Allahumma Aamiin.(ElMoedarries)