Ada cara unik yang dilakukan santri MBS dalam bentuk giat sosial pengabdiannya kepada masyarakat. Sabtu (18/02) kemarin, mereka melakukan bakti sosial ke sejumlah masjid untuk membersihkan tempat ibadah tersebut. Setiap kelas bertanggung jawab membersihkan satu masjid. Total ada 7 masjid yang berada di dusun Madurejo, Prambanan menjadi sasaran bakti sosial ini, mulai yang terdekat Masjid An Nikmah Polengan hingga masjid-masjid yang berada dalam radius 4-5 km.

Tujuan diselenggarakan baksos ini untuk meningkatkan kepedulian para santri terhadap masjid terutama mengenai kebersihannya, kata Hanif salah satu panitia kegiatan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kesalehan sosial santri terhadap rumah ibadah umat Islam tersebut. Dengan baksos ini juga diharapkan dapat lebih mendekatkan hubungan santri MBS dengan masyarakat, jelas santri kelas XII kelas Timur Tengah tersebut.

Selama baksos berlangsung tampak para santri antusias bekerja membersihkan masjid mulai dari mengepel lantai, membersihkan karpet, hingga membersihkan lingkungan sekitar masjid. Bahkan beberapa di antara mereka memberikan sumbangan sajadah dan mushaf Alquran.

Aktivitas yang berlangsung hingga menjelang tengah hari ini dikoordinir oleh Irayya Jalu Insani. Jalu menyebut ada tujuh masjid yang menjadi obyek para santri untuk melakukan bakti sosial, diantaranya, Masjid An Nikmah Polengan, Ar Rahman Macanan, Al Awwabin Gangsiran, Al Huda Kebondalem, Al Hasani Bendosari, Al Ikhlas Kentheng dan terakhir As Salam Nogosari.

Salah seorang jamaah masjid Al Huda Kebondalem, Chabib Ludfiansyah, merasa gembira melihat para santri begitu tekun bekerja membersihkan masjid. “Tak disangka mereka bekerja tanpa harus dikomando. Ternyata dengan bekerja bersama-sama mereka lebih bersemangat,” ujar Chabib.

Sementara itu Ketua Takmir masjid Al Huda Kebondalem, Bapak Sunarwedi mengatakan, kegiatan ini cukup bagus untuk meningkatkan kepedulian santri pada masjid. “Alhamdulillah acara kegiatan bakti sosial ini merupakan acara yang luar biasa. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan memunculkan dampak positif bagi lingkungan sekitar,”ungkapnya. Pak Sunar berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan bagi santri MBS terhadap warga masyarakat, khususnya di daerah Prambanan dan sekitarnya.(ElMoedarries)