Ikatan Keluarga Alumni (IKA) MBS Cabang Turki, Sabtu (11/02/2023) memastikan tidak ada anggotanya yang menjadi korban jiwa dalam gempa bumi bermagnitudo 7,4 skala richter yang mengguncang bagian selatan Turki pada Senin waktu setempat.

“Sejauh ini tidak ada rekan-rekan mahasiswa yang tergabung dalam IKA Alumni MBS Cabang Turki yang menjadi korban,”kata Thoriq dalam keterangannya, Jum’at(10/02/2023).

Ketua IKA Alumni MBS Cabang Turki menyebutkan bahwa gempa bumi bermagnitudo 7,4 itu telah terjadi di Provinsi Kahramanmaras, Gaziantep, dan Osmaniye di bagian Selatan Turki, pada Senin pukul 04.17 waktu setempat. Pusat gempa tersebut berada di Provinsi Kahramanmaras, sekitar 600 km sebelah tenggara Ankara.

Gempa itu disusul dua gempa lanjutan yang berkekuatan magnitudo 6,4 dan 6,5 di Provinsi Gaziantep yang berjarak 700 km sebelah tenggara Turki, terang Thoriq. Alumni MBS angkatan ke tujuh itu menyebutkan bahwa saat ini terdapat 21 mahasiswa yang terdata sebagai alumni MBS yang tengah melanjutkan studinya di Turki. Dari jumlah tersebut, alumni MBS tersebar di 10 Provinsi di Turki. Dari persebaran tersebut, terdapat satu alumni tinggal di area gempa dan sekitarnya atas nama Taj Yazi Fariq Muhammadiy, mahasiswa kedokteran di Universitas Gaziantep, ungkapnya.

“Alhamdulillah, kondisi rekan kita di Gaziantep selamat dan sekarang sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman di Ankara,” jelas mahasiswa jurusan Keuangan Dumlupinar Universitesi tersebut.

Untuk itu, IKA Alumni MBS Cabang Turki melalui PCIM dan rekan-rekan aktivis Lazismu Turki bersama KBRI Ankara akan terus berkordinasi dengan otoritas lokal, satgas perlindungan WNI serta masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

Sementara itu, KBRI Ankara menyebut saat ini 51 korban jiwa telah dilaporkan, ratusan orang terluka, serta sejumlah bangunan runtuh dan rusak berat akibat ketiga gempa itu. Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia. Namun, tiga orang WNI mengalami luka, satu orang di Kahramanmaras dan dua orang di Hatay. Dan saat ini mereka sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.(ElMoedarries)