Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam Pondok Pesantren. Baik buruknya kualitas pesantren juga ditentukan oleh standar kualitas guru. Dalam upaya peningkatan kualitas guru perlu diselenggarakan beberapa pelatihan.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris MBS turut serta dalam peningkatan kualitas guru, salah satunya dengan mengadakan pelatihan.

Pada akhir Januari 2023 telah dilaksanakan sejumlah rangkaian dari event peningkatan kualitas guru bahasa inggris dan diakhiri secara simbolis oleh ketua MGMP mapel bahasa inggris MBS, ustadz Ahmad Jihad Satriyo di Area JET Center.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan yakni seluruh guru mata pelajaran bahasa inggris. Tercatat ada 11 nama guru yang berpartisipasi dalam pelatihan yang digelar sejak Oktober hingga Januari 2023. Adapun tempat pelatihan berada di MBS dan kantor pusat JET Center yang beralamat di Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta.

Pelatihan ini terdiri dari dua kategori. Kategori pertama yakni peningkatan speaking skill dan cracking TOEFL. Instruktur JET Center yang diwakili Mr. Riyan dan Mr. Yosep Kurniawan dengan ciri khas masing-masing memberikan ilmu dan pelatihan kepada guru MBS. Dengan adanya pelatihan selama kurang lebih 3 bulan ini, hasil yang dirasakan yakni adanya peningkatan kualitas speaking skill maupun kenaikan skor TOEFL bagi guru bahasa inggris.

“Dengan adanya sertifikat TOEFL, berarti semua guru bahasa inggris sudah layak dan terstandarisasi. Semoga dengan hasil pelatihan ini bisa bermanfaat serta melecut kemampuan dalam penggunaan bahasa Inggris di pondok pesantren, terang ustadz Jihad.(ajs)

Berikut nama guru yang berpartisipasi:

  1. Rinna Fitriyah, S.Pd.
  2. Atikah Hanifati Asry, S.Pd.
  3. Fitria Evy Mutmainah, S.Pd.
  4. Desti Putri Setyaningrum, S.Pd.
  5. Nita Puspitaningrum, S.Pd.
  6. Eko Sugiarto, S.Pd.
  7. Hikmatul Azizah, S.Pd.
  8. Okta Dihartoni, S.S
  9. Atika Rusmawati Putri, S.Pd
  10. Ahmad Jihad Satriyo, S. Pd, Gr
  11. Larasti Talenta, S.Pd