Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI) Sudan sedang menyambut pemimpin barunya di awal tahun 2022 ini. Melinda Retno Diningrum, alumnus MBS angkatan 6 yang kini tengah duduk di bangku kuliah semester 4 Fakultas Syariah wal Qanun jurusan Syariah Islamiyah di International University of Africa, Sudan resmi menjalankan amanahnya sebagai Ketua PPPI Sudan periode 2022/2023. Melinda, begitu ia biasa disapa, membagikan ceritanya.

Melinda mengisahkan bahwa motivasinya menjadi ketua PPPI adalah untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat. Tak hanya sebatas untuk teman-teman terdekatnya, Melinda ingin membawa manfaat untuk orang lain, khususnya  bagi seluruh pelajar putri Indonesia yang sedang berjuang menuntut ilmu di Sudan.“Saya ingin bermanfaat untuk seluruh dan sebanyak mungkin orang,” tegasnya.

Selain ingin menjadi pribadi bermanfaat, dara kelahiran Temanggung, Jawa Tengah juga merasa bahwa pengalamannya dalam berorganisasi selama ini sangat menyenangkan. Ia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru melalui kegiatan organisasi. Selain itu, Melinda juga bisa belajar cara mengatur waktu dengan baik.“Hal-hal tersebut sangat bermanfaat bagi saya. Menurut saya, PPPI sebagai wadah atau organisasi terbesar yang mewadahi pelajar perempuan disini adalah tempat belajar untuk bersosialisasi yang paling baik,” sebutnya.

Melinda menambahkan, PPPI adalah organisasi pemersatu pelajar putri yang ada di Sudan, karena organisasi ini berdiri di atas semua golongan baik Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama, Persis dan lainnya. Mantan sekretaris IPM Putri MBS ini mengungkapkan bahwa fokus utamanya sekarang adalah membentuk tim formatur. Untuk itu, Melinda telah merancang beberapa program yang akan dijalankan setahun ke depan. Ia memastikan bahwa semua program yang dirancangnya harus bisa menimbulkan asas kebermanfaatan.

“Misalnya, memperbanyak kajian akhlak dan talaqqi, untuk bidang sosial ada baksos dan delegasi pengajar ke sekolah-sekolah di Sudan,” jelas mahasiswi angkatan 2019 itu. Di akhir wawancara, Melinda meminta dukungan dan support dari beberapa pihak agar diberikan kemudahan dalam mengemban amanah yang diembannya. “Mohon doa terbaik dan dukungannya, semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik dan kebermanfaatan yang luas,”tutupnya. (ElMoedarries)

3 replies

Comments are closed.