SETAHUN SMART PEDIA : JIHAD LITERASI ALA SANTRI

Inilah SMART PEDIA, pojok baca teras literasi kelas 12 MIPA 02 SMA MBS Sleman Yogyakarta. SMART PEDIA adalah sebuah perpustakaan mini yang dikelola oleh santri Kelas 12 MIPA 02, didirikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan santri. Tempatnya yang terletak di sudut kelas, terlihat rapi dan bersih seolah menghapus kesan santri putra yang dinilai selalu negatif.

Ide pendirian berawal dari Lomba Pembuatan Pojok Baca yang  diselenggakan oleh Perpustakaan PPM MBS Sleman Yogyakarta, untuk sasaran seluruh santri tingkat SMP dan SMA MBS baik putra maupun putri, dengan batas waktu pembuatan pojok baca satu bulan.

Buku-buku yang tersusun rapi dalam 2 rak yang berdiri tegak di sudut kelas, ditambah mading (majalah dinding) yang berisi kumpulan informasi yang menambah waawasan seolah menjadi nilai tambah tersendiri

Setelah waktu pembuatan pojok baca telah selesai, tibalah waktu penilain oleh tim penilai dari panitia lomba, setiap kelas yang telah membuat pojok baca akan didatangi oleh tim penilai, tak disangka, pada waktu pengumuman lomba, SMART PEDIA menjadi juara umum dengan kategori Pojok baca terkreatif tingkat SMP dan SMA MBS baik putra maupun putri.

Tak berhenti disitu, pojok baca ini ternyata mendapat banyak respon positif karena banyaknya permintaan peminat untuk tetap diadakan pojok baca ini, akhirnya SMART PEDIA tetap didirikan dan tidak berhenti disaat lomba selesai, kemudian dibentuklah pengurus pojok baca yang nantinya akan membentuk program kerja selama setahun ke depan.

Salah satu program kerja yang inovatif dan unggulan adalah pengadaan FICTION CORNER, disetiap hari jumat minggu ke-2 dan 4. Bak gayung bersambut, ternyata ide ini mendapat kesan yang baik santri yang lain, ajang ini juga digunakan untuk syiar literasi dan menjadi salah satu solusi mengatasi kebosanan santri di ponpes, begitupun juga dengan SMART WINDOWS, yaitu berupa mading (majalah dinding) yang terpasang disebuah papan triplek, memuat informasi dan referensi yang menarik, untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Diantara program kerja pengurus SMART PEDIA yang lain adalah program wakaf buku, kodifikasi buku , stock opname , pendatan seluruh buku dan peremajaan tempat pojok baca.

Setelah hampir satu tahun berjalan SMART PEDIA masih aktif dalam JIHAD LITERASI, yang tujuannya tidak lain adalah untuk memperluas wawasan, menambah pengetahuan, dan berbagi kebaikan untuk yang lain. Dulu pada masa awal, koleksi buku hanya sekitar 250-an buku, kini setelah ada program WAKAF BUKU, koleksi buku sudah bertambah hampir 900-an buku yang terdiri dari majalah, tabloid, dan koran.

Akhirnya setelah buku bertambah banyak, pengklasifikasian buku menjadi hal yang utama, setelah buku diklasifisikan per-kategori, buku terbagi menjadi 10 kategori, diantaranya tsaqafah islamiyah, wawasan kemuhamadiyahan, tabloid, majalah, koleksi fiksi, koleksi referensi dan biografi, tokoh, koleksi pengetahuan umum, koleksi pembelajaran dan koleksi buku bahasa. Luasnya pun sekarang menjadi sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan sebelumnya. Luasnya kini mencapai 5×1,5 M, dan beralaskan karpet biru yang menambah kesan menyatu dengan cat biru muda khas MBS.

Akhirnya SMART PEDIA berhasil menjadi bentuk JIHAD LITERASI ala Santri, berusaha memperkaya khasanah wawasan dan pengetahuan Santri Muhammadiyah, semoga ikhtiar ini memberi manfaat bagi orang banyak dan dicatat sebagai amal kebaikan oleh-Nya, Semoga !

Ditulis oleh : Renaldhi Sheva Perdana, santriwan kelas 12 MIPA 02

                     

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *