SANTRI SMA MBS IKUTI TRY OUT NASIONAL GRAND SBMPTN DI UGM

Sebanyak 96 santriwan dan santriwati SMA MBS mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN di UGM. Acara yang diikuti ribuan siswa SMA dari berbagai daerah yang ada di Indonesia ini digelar pada hari Ahad, 26 Januari 2020 di gedung Fakultas Biologi UGM.

Keikutsertaan santri MBS dalam try out UTBK kali ini menjadi ajang pemanasan sekaligus menguji kemampuan dalam menghadapi materi tes UTBK. Keuntungan mengikuti try out UTBK, diantaranya kita bisa mengetahui varian soal yang sering muncul di SBMPTN, terang Angling salah satu santri yang mengikuti try out kelompok Soshum.

Dikatakannya, materi UTBK 2020 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan kognitif, yang terdiri atas kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan Tes Potensi Akademik (TKA) menyesuaikan prodi yang dipilih, dalam hal ini Saintek atau Soshum.

Selain itu, angling menambahkan, bahwa untuk try out UTBK kali ini peserta harus menyelesaikan 180 soal dalam waktu 180 menit. Adapun pelaksanaan tes di bagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 – 11.45 dan sesi siang pukul 13.00 – 17.15 WIB.

Sementara itu pihak panitia penyelenggara mengatakan, hasil nilai UTBK ini nantinya akan menjadi salah satu syarat bagi calon mahasiswa untuk mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (ElMoedarries)

 

 

 

elmoehammadiy

elmoehammadiy

Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *