MOTIVASI WALI SD MUHAMMADIYAH “MBS” BERSAMA KAK ERY

Kabar SD MBS Prambanan, sabtu siang bertempat di masjid Al-Birr, Lembaga Advokasi Perlindungan Anak Indonesia mengadakan Pelatihan Pendidikan Karakter dalam Mendidik Anak. Acara ini dimulai pukul 13.00 hingga 14.30, dengan mengangkat tema ” Anak yang Nakal atau Orangtua yang Kurang Sabar” . Selaku pemateri Bpk. Ery Prasetya, SH, M.Psi menyampaikan beberapa penyebab degradasi moral pada anak dipengaruhi beberapa faktor tidak hanya dari anak itu sendiri namun tidak lepas dari pengaruh dari pola asuh yang salah, broken home, teknologi dan lingkungan.

Dalam materi yang disampaikan kurang lebih satu setengah jam ini, fokus materi yang disampaikan adalah tentang pola asuh yang salah. Pemateri yang merupakan psikolog anak ini menyampaikan ada ” 4 Terlalu ” pola asuh yang salah, yaitu terlalu keras, terlalu di manja, terlalu banyak aturan, dan terlalu dibiarkan. Dengan pola asuh yang salah ini dijelaskan secara panjang tentang dampak dari pola asuh yang salah ini, diantaranya dimana akan terjadi keterlambatan proses pendewasaan, bad mood, dan beberapa diantaranya anak akan tumbuh dengan kepercayaan diri yang kurang.

 

 

Pemateri yang merupakan salah satu motivator nasional ini juga menyampaikan bahwa anak mempunyai beberapa kecerdasan yang masing masing anak berbeda tingkatanya untuk masing masing kecerdasan, yakni Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan kecerdasan Spiritual, sehingga dijelaskan perlunya pemahaman mengetahui karakter si anak dalam mendidiknya. Di sesi akhir motivasi, dalam acara Parenting Education ini diharapkan para orangtua dapat memahami sifat dan karakter anak, dan menyampaikan juga bahwa ” belajar ” yang baik bukan banyaknya waktu untuk belajar, namun kuncinya terletak pada quality time dalam belajar, termasuk ” Belajar ” Orang tua dalam mendidik anak.

Acara yang berlangsung kali ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu orangtua dalam mendidik anak dirumah. Di akhir acara pemateri menutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pembagian hasil laporan PTS II SD Muhammadiyah “MBS” Prambanan. (exs)

 

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *