SANTRI PUTRA MBS BELAJAR QIRA’AH BARENG SYEIKH KENAN AL-SAWAF

Kegiatan Bulan Ramadhan 1439 Hijriyah di PPM MBS Yogyakarta diramaikan oleh kedatangan imam asal negeri Palestina, Syeikh Kenan Al-Sawaf. Syeikh kelahiran negeri para nabi itu datang ke kompleks PPM MBS Yogyakarta selama hari kamis (24/5) dan jum’at (25/5).

Pada Jum’at Syeikh Kenan mengimami acara Shalat shubuh berjamaah di Masjid Al- Birr. Santri putra MBS baik SMP maupun SMA berbondong-bondong  memadati Masjid yang juga dijadikan pusat dari sarana dakwah Islamic Centre Muhammadiyah Prambanan (ICMP) tersebut.Meskipun jama’ah dari luar pondok tidak seramai ketika acara shalat Isya dan Tarawih berjamaah (24/5), namun santri MBS tetap antusias menjalani ibadah wajib dengan berjamaah.

Suara fasih dari bacaan al-Qur’an Syeikh Kenan menggema di masjid Al- Birr. Bacaan tajwid yang lancar menjadi ciri khas Syeikh Kenan Al-Sawaf ketika mengimami shalat berjamaah pada jum’at pagi.

Seusai shalat ,Syeikh Kenan memberikan tausyiahnya yang mengajak para jamaah untuk senantiasa menjaga iman serta meningkatkan taqwa kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala dalam setiap urusan kehidupan. Nasihat Syeikh menjadi penyegar kalbu santri di pagi hari

Sehabis tausyiah Syeikh Kenan Al-Sawaf mempersilakan para santri untuk belajar tajwid dan bacaan qira’ah bersama-sama. Para santri dipersilakan oleh Syeikh untuk menyetorkan bacaan Al-Qurannya, setelah selesai barulah Syeikh memberikan pengarahan dan bimbingan serta memberikan contoh nada beberapa qiraah dari qiraah sab’ah pada para santri.

  • Antusiasme untuk Al-Aqsha

Kepadatan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah lain daripada biasanya. Kotak infaq di masjid Al-Birr penuh oleh donasi dari para jamaah yang ditujukan untuk biaya kemanusiaan umat Islam di Palestina. Total donasi yang terkumpul hingga shalat shubuh berjamaah mencapai lebih dari 35 juta rupiah. Dana infaq tersebut lalu diserahkan kepada Syeikh Kenan di akhir acara belajar Qiraah bersama.

“ini menjadi momen yang paling membahagiakan, dimana saya (Syeikh Kenan) bisa membagi ilmu diantara para santri dan para penghafal Al-Qur’an”, ungkap Syeikh Kenan  menggunakan Bahasa Arab . Syeikh yang sedang study kedokteran di Turki itu mengatakan bahwa ini adalah kunjungan paling berkesan selama berada di Indonesia.

Setelah acara ditutup ,Syeikh Kenan bersama jajaran asatidz MBS melepas penat ke objek wisata Tebing Breksi di Sambirejo. Selanjutnya, safari dakwah Syeikh Kenan Al-Sawaf akan dilanjutkan ke kota Solo.

Ditulis oleh : Akhi Anhar Azumta, Bagian PIP IPM Putra PPM MBS Sleman Yogyakarta

elmoehammadiy
Humas MBS bagian liputan prestasi santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest