Kesan itulah yang nampak dari peserta pelatihan Master of Ceremony Training yang diadakan oleh Humas PPM MBS Yogya bekerjasama dengan Wani Wicara, pada hari Selasa (04/3/2024). Kegiatan ini digelar di Aula Ki Bagus Hadikusumo lt. 2 PPM MBS Yogya.

Acara ini diikuti sekitar 20 lebih guru PPM MBS Yogya. Kegiatan dimulai pukul 13.15 Wib hingga usai pukul 15.15 Wib. Dalam acara pelatihan MC ini, PPM MBS Yogya menghadirkan Founder Wani Wicara Bara Zulfa yang merupakan mantan penyiar di TVRI dan juga seorang MC professional.

Ustaz Fajar Shadik, selaku Direktur PPM MBS Yogya menyampaikan dalam sambutannya, “Pelatihan-pelatihan dari MBS yang mengundang dari luar cukup banyak kita lakukan. Ini kita lakukan terus untuk mengusahakan dan mengupayakan perbaikan kita di semua aspek.”

Ustazah sedang praktik menjadi MC

Direktur PPM MBS Yogya menambahkan, “Semu aini dalam rangka untuk menjadikan kita lebih baik. Ini bagian dari memperbaiki terutama dalam tata kelola pelayanan tamu di MBS.” Acara dibuka resmi oleh Direktur PPM MBS Yogya.

Dalam pelatihan MC kali ini, Bara Zulfa mengatakan, “Untuk menjadi MC professional, kita perlu diksi yang banyak agar tidak macet di tengah jalan.” Ia pun membagi tips agar lancar saat menjadi MC diantaranya ; Pertama, tatapan ke audiens. Menurutnya kita harus menatap audiens yang belum fokus ke kita. Ini dilakukan agar mereka salting (salah tingkah) sehingga fokus dengan kita. Hal ini penting agar mental kita sebagai MC juga makin mantap dan tidak terganggu dengan audiens. Kedua, kalau ada tamu resmi tolong perhatikan siapa pejabat yang datang. Ketiga, perhatikan efektifitas penggunaan kalimat. Jangan gunakan “dipersilahkan”, tetapi ganti “disilakan”. Selain lebih baku, ini juga lebih efektif.

Masih menurut Bara Zulfa, tugas MC menurutnya ada tiga hal pertama berhubungan dengan waktu, kedua sebagai seorang produk knowledge yang harus memiliki banyak bekal pengetahuan untuk mengenalkan institusi, event dan lain sebagainya. Ketiga, MC adalah mood setter harus bisa mengatasi demam panggung.

Ustaz PPM MBS Yogya sedang berlatih mempraktikkan menjadi MC

Dalam pelatihan MC ini, guru PPM MBS Yogya diajak praktik langsung bagaimana menjadi MC dalam gelaran acara tertentu. Nampak wajah ceria dan semangat dari para guru PPM MBS Yogya. Pembicara Pelatihan MC menutup dengan memberi penekanan bahwa menjadi MC yang professional perlu dua hal, yakni Pede Aja Dulu, dan terus latihan vocal [Arif Yudistira]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *