Hari Sabtu (16/9/2023), PDM Sleman mengadakan Baitul Arqam Elementary di PPM MBS Yogyakarta. Acara pembukaan BA diselenggarakan di ruang Aula Ki Bagus Hadikusumo Lt.2 Kompleks MBS. Pada acara pembukaan Baitul Arqam kali ini dihadiri oleh Ketua Dikdasmen Sleman H. Surakhmad, S.Pd. Ketua MPKSID bapak Hendro Sucipto, M.Pd, dan juga Ketua PDM Sleman bapak Harjaka,S.Ag,M.A.

Peserta Baitul Arqam pada angkatan pertama ini dihadiri guru se kabupaten Sleman. Hadir sekitar 160 guru yang mengikuti kegiatan Baitul Arqam kali ini. Baitul Arqam Elementary ini akan diadakan dari tanggal 16-17 September 2023. Peserta Baitul Arqam kali ini adalah guru dan pegawai tidak tetap yang berasal dari AUM di Muhammadiyah.

Dalam sambutannya di pembukaan Baitul Arqam, Ketua Dikdasmen Muhammadiyah Sleman H Surakhmad,S.Pd mengatakan, “Saya bahagia sekali nanti harapannya setelah Baitul Arqam ini, para guru akan masuk dapodik dan mendapatkan NUPTK.” Pak Surakhmad juga berharap “pasca BA ini, bapak ibu bisa tenang berjuang di persyarikatan dan anak-anak didik kita akan menjadi anak solih dan solihah dan mengetahui lebih jauh tentang Muhammadiyah.”

Setelah menyampaikan sambutannya, Ketua Dikdasmen Muhammadiyah Sleman Surakhmad, S.Pd menyerahkan secara simbolik kepada Ketua MPKSDI kabupaten Sleman Bapak Hendro Sucipto,M.Pd.

Setelah penyerahan peserta Baitul Arqam kepada Ketua MPKSDI, acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua PDM Sleman Pak Harjaka, S.Ag, M.Pd,M.A. Dalam sambutannya Ketua PDM Sleman mengatakan, “BA merupakan dasar untuk penggemblengan dan pemantapan dalam bermuhammadiyah.” Ia pun bercerita tentang riwayat asal nama Baitul Arqam. “Waktu itu Nabi Muhammad menggembleng para kader terbaik pertamanya di rumah sahabatnya Arqam. Itulah mengapa disebut Baitul Arqam”.

Dengan memohon Ridha Allah, Baitul Arqam angkatan I, tingkat dasar ini mudah-mudahan berjalan dengan baik. “dengan mengucap basmalah BA angkatan pertama dibuka”.

Setelah membuka Baitul Arqam Pak Harjaka, kemudian memberikan materi tauhid sebagai materi pertama dalam Baitul Arqam ini [Arif Yudistira].

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *