Rabu, 17 Mei 2023 rombongan santri MBS Yogyakarta bertolak dari Yogyakarta menuju Jakarta menggunakan bus sebagai titik awal keberangkatan para santri menuju Kairo, Mesir. Perjalanan kali ini didampingi oleh Ustadz Fajar Shadik (Direktur MBS), Ustadz M. Taufik, Lc., M.Pd (Wadir 3 MBS), Ustadz Kamal Ihsan Lc., MA. (Koordinator studi lanjut timur tengah) dan Ustadz Mouhan Akhyar, Lc. (guru sekaligus perwakilan LKP Fustat PCIM Mesir yang ada di Indonesia).

Sebelum penerbangan, para santri berkesempatan untuk dilepas secara langsung oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Auditorium KHA Dahlan Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta pada Kamis, 18 Mei 2023. Dalam kesempatan kali ini dihadiri oleh Ustadz Fajar Shodik selaku Direktur MBS Yogyakarta yang mewakili para direktur pondok Muhammadiyah yang sudah muadalah untuk mengisi sambutan.

 

Beliau menyampaikan bahwa saat ini LP2M menaungi banyak sekali Pondok Pesantren Muhammadiyah yang jumlahnya kian hari kian bertambah, maka dengan dilepasnya kader Muhammadiyah ke Al Azhar Asy-Syarif, mereka bisa mengisi pondok-pondok yang tersebar di seluruh Indonesia dengan membawa ilmu sebanyak-banyaknya dari Mesir.

Selanjutnya, Bapak Masykuri selaku ketua LP2M juga berkesempatan hadir dan mengisi sambutan. Beliau menyampaikan kesyukuran bahwa meski dahulu Muhammadiyah masih kesulitan secara akses untuk mendaftarkan kader-kadermya ke Timur Tengah, saat ini melihat kader MBS, Mu’allimin dan Mu’allimaat dapat berangkat melalui jalur muadalah beliau berharap bahwa jalur ini menjadi jalan keluar LP2M untuk mengatasi kesulitan-kesulitan akses untuk mengirimkan kadernya ke Timur Tengah.

Belum selesai sampai disitu, seluruh calon mahasiswa baru Al Azhar Asy Syarif ini juga dapat dilepas secara resmi oleh Kyai Sa’ad Ibrohim selalu Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam kesempatan kali ini beliau memberikan nasehat yang berharga kepada seluruh camaba untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, beliau mengatakan “bahwa sekali seorang kader itu dilepas untuk merantau, maka lepaslah dengan selepas-lepasnya .”

Setelah dilepas secara simbolis, seluruh camaba mendapatkan pengarahan dari perwakilan LP2M sekaligus LKP Fustat, Ustadz AlFurqaan Hakiki terkait teknis keberangkatan. Selanjutnya seluruh camaba menuju bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melanjutkan perjalanan ke Kairo, Mesir. Setelah mendapatkan beberapa pengarahan lebih lanjut dari Direktur dan Perwakilan LKP Fustat, seluruh camaba resmi berangkat. Harapan kedepan, semoga semakin banyak kader MBS khususnya dan Kader Muhammadiyah pada umumnya yang berangkat ke Timur Tengah sehingga dapat menghasilkan lebih banyak dan berkualitas untuk Muhammadiyah.(Mou)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *