PPM MBS Yogyakarta menggelar Tasmi’ Akbar di bulan Ramadan 1444 H di komplek PPM MBS Yogyakarta, Senin (10/4/2023) sore. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk memeriahkan bulan Alquran tahun ini, sekaligus menguji hafalan para santriwan dan santriwati oleh para asatidz. Sedikitnya 211 santri mengikuti kegiatan tasmi’ akbar yang diinisiasi bagian tahfidz MBS.

Ustadz Sahman, Lc Sekretaris Umum MBS mengungkapkan kebanggaannya atas terselenggaranya Tasmi’ Akbar. Ia juga mengapresiasi panitia dan para santri yang turut andil dalam kegiatan tahunan tersebut.

“Kami bangga kepada santriwan dan santriwati yang juga semangat murajaah Alquran di akhir-akhir minggu ini, untuk mempersiapkan Tasmi’ Akbar ini. Mudah-mudahan Allah SWT. memberi ganjaran atas apa yang kita lakukan,” tuturnya dalam sambutan Tasmi’ Akbar, Senin (10/4/2023) sore.

Ustadz Sahman menambahkan nasihatnya kepada peserta Tasmi’ Akbar, bahwa dengan telah dilaksanakannya tasmi’ Senin pagi, bukan berarti hafalannya telah selesai. Akan tetapi, Ustadz Sahman melanjutkan, ada kewajiban hafalan yang telah santri setorkan harus dimurajaah.

Ia kemudian mengutip sebuah hadis, Rasulullah Saw mengatakan: “Murajaahlah Alquran!” Bahwa hafalan Alquran itu akan hilang jika tidak dimurajaah. Maka, dengan itulah Ustadz Sahman mengingatkan santri agar semangat me-murajaah Alquran dan mendekatkan diri dengan Alquran.

Ustadz Faqihuddin, Lc Wadir II bidang Kema’hadan dalam sambutannya turut mengapresiasi peserta tasm’i. Ia juga memotivasi santri lain agar lebih semangat dalam menghafal Alquran.

Dalam kesempatan tersebut, MBS juga menyampaikan penghargaan kepada peserta Tasmi’ yang berhasil menyelesaikan hafalan dengan berbagai kategori. Adapun kategori terbanyak dari kelas XII diduduki oleh Anna Fitarin Nufus dengan Tasmi 10 juz, Sinta Prasetya dengan Tasmi 10 juz, dan Najwa Hanum, Tasmi 10 juz.

Sedangkan kategori terbanyak dari SMP AR Fachruddin kelas XI ditempati oleh Aida Qurrota’ Ayun, untuk kategori terlancar diraih oleh Hasna Alfanafisa, dan kategori terfasih diraih oleh Zulfa Ade Azzahra. Program tasmi’ juga menyumbangkan santri dengan predikat “santri ter-rajin” di tahfidz khusus yang diperoleh Arifah Yumna, Ia menyelesaikan tasmi sebanyak 8 juz.

Arifah Yumna menyandang gelar tersebut karena ketekunan dan keistiqomahannya sehingga dapat menyelesaikan 8 juz murni. Arifah saat ini tercatat sebagai santri MBS dengan program tahfiz khusus.(fitri)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *