Meloloskan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) bagi SMA Negeri mungkin merupakan hal biasa. Adalah SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta, merupakan SMA swasta yang mampu meloloskan siswanya ke SNBP dalam jumlah mencapai belasan.

Sekolah ini mengalami peningkatan yang signifikan dari seluruh SMA di DIY yang mampu meloloskan siswanya ke PTN melalui jalur SNBP. Kepala SMA MBS ustadz Roiq, Lc mengatakan pada 2023 ini, terdapat kenaikan lebih dari 100% jumlah lulusan di PTN melalui jalur SNBP. SNBP merupakan jalur tes menggantikan SNMPTN yang telah dikenal luas pada tahun-tahun sebelumnya.

“Terdapat kenaikan jumlah siswa yang lulus di PTN bila dibandingkan tahun 2022. Alhamdulillah tahun ini, 13 siswa-siswi kelas XII sudah mendapatkan kursi di PTN pilihan melalui jalur SNBP. Jumlah itu meningkat dari SNMPTN 2022 yang hanya meloloskan 6 siswa.

“Dari 13 itu ada yang diterima di UGM, UNS, UPN dan lainnya termasuk juga di UNY, beragam,” terang beliau.

Adapun jurusan yang berhasil ditembus mulai dari ilmu administrasi bisnis, ekonomi pembangunan, teknik instrumentasi rekayasa, teknik sipil, pendidikan matematika hingga teknik geologi serta beragam jurusan lain. Ia meyakini para siswa tersebut memang memiliki kelebihan akademik di sekolahnya. Ustadz Roiq mengakui, pihaknya memiliki sejumlah kiat dalam menjadikan siswanya bisa lolos ke SNBP.

“Ada beberapa program yang kami lakukan untuk mendukung ini,” ujarnya.

Ustadz Roiq mengatakan pihaknya mulai tahun ini telah membentuk divisi Studi Lanjut, kolaborasi yang terdiri dari tim prestasi, majelis Attanwir, dan divisi timur tengah. Ia mengatakan, sejak awal masuk kelas 10 siswa sudah diberikan pendampingan, bimbingan, baik dari wali kelas dan guru BK. Kedua jenis guru ini berperan memberikan konsultasi, pendidikan, dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuannya agar nilai siswa terus meningkat. Selain diberikan pendampingan, komunikasi dengan orangtua juga dilakukan secara terus menerus.

“Komunikasi dengan orangtua ini sangat penting, karena mohon maaf kadang misalnya orangtuanya berharap anaknya masuk ke jurusan A, tetapi anak minat dan kemampuannya tidak ke A tersebut, nah itu kami komunikasikan, agar mendapatkan jurusan tepat sesuai minat dan bakatnya,” katanya.

Tak kalah pentingnya, kata dia, para siswa juga diberikan tambahan pelajaran sehingga terus mengupgrade kemampuan melalui beragam materi. “Kami bekerjasama dengan SmartEducafe sebagai mitra kami untuk memberikan layanan bimbingan belajar kepada para siswa,” ucapnya.

Selain itu, lanjut ustadz Roiq, bagi siswa yang berminat melanjutkan studi ke Timur Tengah maupun luar negeri, tahun ini sekolah juga membuka 3 kelas Timur Tengah. Bagi siswa yang masuk di kelas Timur Tengah, selain materi pelajaran yang telah dimodifikasi, para siswa juga mendapatkan materi dauroh (pelatihan) yang berupa pendalaman bahasa arab dan tahfidz. Harapannya, mereka lebih fokus untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi di luar negeri, timur tengah khususnya, pungkasnya penuh harap.(ElMoedarries)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *