Pada hari Senin (20/03), bertempat di laboratorium komputer kompleks kelas MBS Putra, teman-teman sekretaris dari berbagai bidang PR IPM PPM MBS Putra melaksanakan pelatihan kesekretariatan guna perdalam ilmu administrasi organisasi di IPM. Pelatihan ini dilaksanakan atas inisiatif ustadz Sidiq selaku kesiswaan dan pembina PR IPM MBS Putra agar pemahaman dasar mengenai kesekretariatan yang meliputi korespondensi atau persuratan, proposal, dan pengarsipan dapat teraplikasikan dengan baik, entah dalam organisasi IPM maupun organisasi lain dalam lingkup pondok pesantren MBS.

Pemateri pada kegiatan tersebut adalah Zidna Navela Kamelia, alumni PPM MBS Putri Yogyakarta angkatan 06 yang saat ini tengah mengemban amanah sebagai sekretaris umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Sleman periode 2021/2023. Sebagai pengantar materi, Zidna menegaskan bahwa jantung organisasi adalah administrasi. Organisasi akan berjalan dengan baik dan tertib apabila administrasinya terjaga dan terlaksana dengan baik. Masalah administratif dan kesekretariatan bukanlah sesuatu yang melekat pada gender tertentu. Maka, adalah sebuah habitus yang baik jika laki-laki dalam berorganisasi juga memiliki pemahaman mendalam mengenai administrasi dan kesekretariatan.

Dalam forum kecil dengan jumlah peserta yang tak sampai 20 orang, kegiatan pelatihan kemarin dapat berjalan dengan kondusif. Pemaparan materi yang dilanjutkan dengan praktik pembuatan surat dapat diikuti dengan baik oleh teman-teman sekretaris PR IPM PPM MBS Putra. Keresahan mengenai kesalahan dalam berbagai tindak korespondensi dan administrasi telah terjawab dari pelatihan kemarin. Kedepannya, semoga kesalahan-kesalahan tersebut tidak terulangi lagi dan dapat tercipta iklim administratif yang baik dalam organisasi IPM maupun organisasi lain yang diikuti.(zidna)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *