HARU RIZKY MAULANA, DITENGAH SUKSES MUSYWIL MUHAMMADIYAH DAN AISYIYAH DIY

Acara yang hanya dilakukan 5 tahun sekali ini adalah yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya warga persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah. Dan, dibalik suksesnya acara, tentunya ada berbagai unsur yang terlibat di dalamnya. Salah satunya yakni panitia dan tim yang solid. Adalah Rizky Maulana Ichsan, alumnus MBS angkatan ke-5 yang menjadi salah satu panitia Musywil Muhammadiyah ke-13 dan Aisyiyah ke-12 DIY menceritakan pengalamannya.

Kader Muhammadiyah yang satu ini belum lama merampungkan studi S1 Tafsir Hadits di  Universitas Ahmad Dahlan. Mas Rizky, sapaan akrabnya yang kini resmi menyandang gelar sarjana agama, memiliki sepak terjang yang luar biasa dalam organisasi Muhammadiyah. Semangat dan kegigihannya dalam berorganisasi di IPM, membuat dirinya diganjar untuk menahkodai PW IPM DIY dan LFP PP IPM.

Di usianya yang ke -24, Rizky bersama sembilan rekannya yang mendapatkan mandat di  dalam keanggotaan panitia pemilihan (panlih) Musywil Muhammadiyah dan Aisyiyah, bahu membahu, bekerja keras demi sukses dan lancarnya gelaran Musywil.

Memiliki usia yang tergolong lebih muda dari rata-rata panitia, bahkan dari rekan satu timnya sendiri, Rizky mengaku tidak pernah merasakan diskriminasi.

Rizky mengaku bisa mengimbangi kinerja rekan-rekannya yang memiliki usia jauh di atasnya dan mempunyai pengalaman serta jam terbang yang tinggi.

“Kita saling mengingatkan, beliau-beliau selalu memberikan masukan dan evaluasi ketika terjadi kesalahan,”kata Rizky menegaskan.

Hal yang tidak mudah, namun amanah ini harus saya terima, karena telah dipercayakan oleh teman-teman, mau bagaimana lagi saya harus siap, katanya. Mantan bagian Perkaderan IPM MBS tersebut menegaskan, bahwa prinsip dalam berorganisasi di Muhammadiyah adalah selalu siap sedia. “Kapanpun dan dimanapun diberikan amanah, yang ada jawabannya hanya sami’na wa atho’na, imbuhnya.

Kerja keras Rizky dan tim dalam gelaran Musyawarah Wilayah Muhammadiyah ke-13 dan Aisyiyah ke-12 Daerah Istimewa Yogyakarta pada 17-19 Februari 2023/26-28 Rajab 1444 H berbuah manis.

Gelaran Musywil yang dihelat di Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) berlangsung dengan aman, sukses dan menghasilkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk masa khidmat 5 tahun.

“Sangat terharu dan bangga bisa menyukseskan acara tersebut,”kata remaja asal Piyungan, Bantul tersebut.

Perjalanan menjadi kader tidaklah mudah bagi saya di awal-awal setelah menjadi alumni MBS. Hanya bekal berani dan tak kenal malu bertanya yang menjadi penyemangat bagi diri sendiri. Terimakasih almamater MBS dedikasinya dan kaderisasi bagi saya yang telah menempa saya selama 6 tahun lamanya.(ElMoedarries)