Smart Educafe bekerjasama dengan MBS mengadakan try out tes Skolastik SNBT, Senin, 6 Februari 2023. Diikuti oleh 241 siswa SMA MBS kelas XII jurusan Saintek dan Soshum, kegiatan yang dilaksanakan di 4 ruang laboratorium komputer tersebut dilakukan secara online.

Ketua Tim Prestasi MBS, ustadz Agus Yuliyanto, M. Pd mengatakan, kegiatan try out bersama Smart Edu bukan hal yang pertama kali dilakukan di MBS. MBS sudah bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar tersebut sejak tahun 2020, kata ustadz Agus.

Dikatakannya, dimana sudah banyak try out yang kita laksanakan dari mulai ANBK, UTBK, PISA, Tes Psikologi Minat dan Bakat untuk penjurusan kelas X dan sekarang ini tes Skolastik Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), terangnya.

Hal ini dilakukan seiring dengan kebutuhan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sebagai salah satu Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

“Maka dari itu, sekolah menganggap perlu dilaksanakan kegiatan try out tes Skolastik SNBT 2023 bekerjasama dengan Smart Edu,”tutur ustadz Agus yang juga mendapatkan amanah menjadi ketua divisi studi lanjut MBS tersebut.

Salah seorang siswa peserta try out SNBT, Muhammad Tajuddin Kusuma siswa kelas XII MIPA 3 yang bercita-cita jadi dokter memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan tes skolastik SNBT bersama Smart Edu. Tajuddin, begitu biasanya ia disapa menilai try out kali ini cukup memuaskan, karena mulai dari interface web yang digunakan sangat menarik untuk dilihat, sehingga siswa yang hendak mengerjakan try out bisa lebih bersemangat.

“Lalu saat kita melakukan pengerjaan soal, semuanya sudah diatur sedemikian rupa oleh tim Smart Edu supaya semirip mungkin dengan perkiraan pelaksanaan SNBT nanti. Mulai dari waktu pengerjaan soal, maupun jenis soal-soal skolastik yang diberikan sudah dapat memberikan gambaran bagi siswa,”ujar Tajuddin.

Tajuddin berharap, agar Smart Edu terus bisa melaksanakan beberapa program try out nya di MBS, dan selalu memberikan berita ter update mengenai SNBT. Karena sejujurnya, informasi itulah yang bisa menjadi pendongkrak kelolosan siswa MBS pada saat mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi negeri impian mereka, ujarnya penuh harap.

Sementara itu, Aida Aulia, kelas XII MIPA 5, salah satu santriwati yang juga mengidamkan masuk jurusan kedokteran di Universitas favorit ini berpendapat bahwa pelaksanaan tes skolastik SNBT bersama Smart Edu hari ini sangat seru dan bermanfaat. “Dengan adanya pelaksanaan tes skolastik hari ini, kami sebagai siswa sangat terbantu dan bisa melatih kami saat SNBT nanti tiba. Dengan ini, kami bisa tahu bagaimana bentuk soal nanti saat kami SNBT,”ujar Aida. (ElMoedarries)